Final_Project
#16272
TA/TEK.INFORMASI.PS.TEKNIK INFORMATIKA 019 MUH a 2022 ISBN:19615044

Subjects:Teknologi Informasi Penelitian

    ANALISIS PARAMETER QUALITY OF SERVICE PADA JARINGAN INTERNE --

    Muhammad Irham / / /
    Samarinda 2022
    xix; 139 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind


    viii
    ANALISIS PARAMETER QUALITY OF SERVICE PADA
    JARINGAN INTERNET
    Nama Mahasiswa : Muhammad Irham
    NIM : 19615044
    Dosen Pembimbing 1 : Wahyuni Eka Sari, S.Kom., M.Eng.
    Dosen Pembimbing 2 : Arief Bramanto Wicaksono Putra, S.ST., MT.
    ABSTRAK
    Hampir semua kegiatan di SMK N XYZ Samarinda menggunakan akses
    internet, baik untuk kegiatan belajar mengajar maupun pada bagian staff tata usaha.
    Untuk mendukung semua kegiatan yang ada maka diperlukan kinerja jaringan yang
    ideal. Koneksi jaringan yang buruk pasti akan menghambat proses kegiataan yang ada.
    Penerapan Quality of Service (QoS) adalah sebuah solusi dari koneksi jaringan yang
    buruk. Untuk mengetahui apakah SMK N XYZ Samarinda telah menerapkan Quality
    of Service pada jaringan internet yang ada, maka harus dilakukan sebuah analisis
    parameter Quality of Service, diantaranya yaitu throughput, packetloss, delay, jitter.
    Hasil akhir yang didapat dari proses analisis Quality of Service di SMK N XYZ
    Samarinda masuk kategori “Baik” dengan nilai indeks 3,75 berdasarkan standarisasi
    TIPHON
    Kata Kunci : Analisis, Quality of Service, Throughput, Packetloss, Delay, Jitter
    ix
    ANALISIS PARAMETER QUALITY OF SERVICE PADA
    JARINGAN INTERNET
    Nama Mahasiswa : Muhammad Irham
    NIM : 19615044
    Dosen Pembimbing 1 : Wahyuni Eka Sari, S.Kom., M.Eng.
    Dosen Pembimbing 2 : Arief Bramanto Wicaksono Putra, S.ST., MT.
    ABSTRACT
    Almost all activities at SMK N XYZ Samarinda use internet access. Both for
    teaching and learning activities as well as on the administrative staff. To support all
    existing activities, an ideal network performance is needed. A bad network connection
    will definitely hamper the process of existing activities. Implementation of Quality of
    Service (QoS) is a solution to a bad network connection. To find out whether SMK N
    XYZ Samarinda has implemented Quality of Service on the existing internet network,
    an analysis of Quality of Service parameters must be carried out, including throughput,
    packet loss, delay, jitter. The final result obtained from the Quality of Service analysis
    process at SMK N XYZ Samarinda is in the "Good" category with an index value of
    3.75 based on TIPHON standardization.
    Keywords : analysis, Quality of Service, Throughput, Packetloss, Delay, Jitter