Final_Project
#16254
TA/TEK.INFORMASI.PS.TEKNIK INFORMATIKA 038 REZ r 2022 ISBN:17.615.071

Subjects:teknik informasi Penelitian

    "RANCANG BANGUN APLIKASI PENYAMPAIAN INFORMASI HASIL PENJUALAN PRODUK PT. TELKOM MELALUI MEDIA TELEGRAM" --Ed. 1

    REZA RACHMAN / / /
    Samarinda 2022
    xix; 139 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    PT. Telkom adalah salah satu perusahaan penyedia layanan
    telekomunikasi merupakan BUMN yang bergerak di bidang jasa layanan
    telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia. PT. Telkom memiliki pesaing
    dibidang telekomunikasi sehingga PT. Telkom menggunakan strategi pemasaran.
    Strategi pemasaran tersebut yaitu penjualan tatap muka (personal selling). Personal
    selling adalah komunikasi langsung (tatap muka) yang dilakukan oleh penjual dan
    calon pelanggan untuk memperkenalkan suatu produk kepada calon pelanggan dan
    membentuk pemahaman pelanggan terhadap produk sehingga mereka kemudian
    akan mencoba dan membelinya. Dengan diterapkannya strategi pemasaran tersebut
    maka para penjual produk PT. Telkom membuat laporan penjualan yang
    diinformasikan kepada manajemen PT. Telkom melalui website penjualan. Proses
    manajemen untuk mendapatkan informasi tersebut kurang efektif karena harus
    membuka website terlebih dahulu sehingga memakan waktu. Selain itu laporan
    penjualan tidak memuat informasi tentang penjual yang tidak produktif per-tiap
    harinya. Dengan permasalahan diatas, maka diperlukan sebuah media penyampaian
    informasi yang lebih cepat dan efisien untuk mendapatkan informasi laporan
    penjualan. Salah satu media penyampaian informasi yang cukup cepat dan efisien
    adalah Telegram. Telegram adalah layanan pesan populer yang berbasis pada
    platform open-source. Metode yang dapat mengatasi permasalahan diatas adalah
    Metode model waterfall. Metode model waterfall adalah model klasik yang bersifat
    sistematis, berurutan dalam membangun software terdiri dari beberapa langkah
    yaitu investigasi, analisis, desain, implementasi dan perawatan. Telegram
    mesengger salah satu Social Mesenger yang penuh dengan fitur-fitur uniknya. Salah
    satunya adalah fitur Bot (Telegram Bot), dan dengan fitur open source dari
    Telegram. Telegram Bot API menawarkan platform untuk pengembang yang
    memungkinkan mereka untuk dengan mudah menangkap data sensor dan
    mengubahnya menjadi informasi yang berguna. Berdasarkan hasil penelitian yang
    dilakukan dengan metode waterfall dapat membangun aplikasi penyampaian
    informasi hasil penjualan produk PT. Telkom melalui media Telegram. Dapat
    ditarik kesimpulan dengan adanya aplikasi ini dapat menampilkan sebuah informasi
    atau data laporan hasil penjualan, laporan grafik hasil penjualan dan penjual tidak
    produktif secara cepat.
    Kata kunci: Informasi Hasil Penjualan, Telegram.
    ABSTRACT
    PT. Telkom is one of the telecommunication service providers which is a
    state-owned company engaged in telecommunication and network services in the
    territory of Indonesia. PT. Telkom has competitors in the telecommunications
    sector so that PT. Telkom uses a marketing strategy. The marketing strategy is face-
    to-face selling (personal selling). Personal selling is direct (face-to-face)
    communication made by sellers and prospective customers to introduce a product
    to potential customers and form a customer's understanding of the product so that
    they will then try and buy it. With the implementation of this marketing strategy,
    PT. Telkom makes sales reports which are informed to the management of PT.
    Telkom through the sales website. The management process for obtaining this
    information is less effective because it has to open the website first so it takes time.
    In addition, the sales report does not contain information about sellers who are not
    productive on a daily basis. With the above problems, we need a media to convey
    information that is faster and more efficient to get sales report information. One of
    the media for delivering information that is quite fast and efficient is Telegram.
    Telegram is a popular messaging service based on an open-source platform. The
    method that can solve the above problems is the waterfall model method. The
    waterfall model method is a classic model that is systematic, sequential in building
    software consisting of several steps, namely investigation, analysis, design,
    implementation and maintenance. Telegram mesengger is a Social Messenger that
    is full of unique features. One of them is the Bot feature (Telegram Bot), and with
    open source features from Telegram. The Telegram Bot API offers a platform for
    developers that allows them to easily capture sensor data and turn it into useful
    information. Based on the results of research conducted with the waterfall method
    can build applications to deliver information on the sales of products of PT. Telkom
    through Telegram media. It can be concluded that this application can display an
    information or sales report data, graph reports of sales results and unproductive
    sellers quickly.
    Keywords: Sales Information, Telegram.