Skripsi
#15940
SKRIPSI/JUR.T.INFORMATIKA.PS.MULTIMEDIA 012 RON s 2022 ISBN: 16665045

Subjects:teknologi informatika Penelitian

    SIMULASI SISTEM ANTRIAN PELAYANAN MENGGUNAKAN PROMODEL (STUDI KASUS KLINIK SEMOGA SEHAT DARUSSALAM SAMARINDA) --

    Ronald Kalla / / /
    SAMARINDA 2022
    Viii; 175 h; ilus; 23 cm Bahasa:IND

    ABSTRAK
    Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan
    dan menyediakan pelayanan medis dasar dan atau spesialistik, diselenggarakan
    oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan dan dipimpin oleh seorang tenaga
    medis. Salah satunya adalah Klinik Semoga Sehat Darussalam Samarinda yang
    memiliki beberapa fasilitas pelayanan. Di setiap layanan seseorang harus
    menunggu dalam baris antrian dengan waktu cukup lama, hal ini disebabkan
    karena waktu pelayanan yang cukup lama dan terbatasnya fasilitas. Penelitian ini
    bertujuan untuk mengetahui jumlah fasilitas yang cukup baik untuk melayani
    berdasarkan hasil simulasi sistem antrian menggunakan aplikasi ProModel.
    Penelitian ini menggunakan model sistem antrian jalur berganda (M/M/S) dan
    disiplin antrian First in-First out (FIFO). Proses perhitungan data menggunakan
    tools Stat::Fit yang ada pada aplikasi ProModel dan untuk mengukur tingkat
    utilitas setiap layanan menggunakan aplikasi ProModel. Dari hasil simulasi
    diketahui bahwa tingkat utilitas tertinggi terdapat pada layanan pengambilan obat
    sebesar 86.66 % dengan waktu rata-rata didalam sistem 24. 05 menit. Kemudian
    dibuat simulasi dengan menggunakan 2 layanan pengambilan obat dan di ketahui
    tingkat utilitasnya sebesar 46.77 % dengan waktu rata-ratan didalam sistem 23.04
    menit.
    Kata Kunci : Klinik, Model Antrian Jalur Berganda (M/M/S), ProModel
    vii
    ABSTRACT
    Clinic is a health service facility that provides services and provides basic and /
    or specialized medical services, is operated by more than one type of health
    worker and is led by a medical staff. One of them is the healthy hope Clinic
    Darussalam Samarinda which has several service facilities. In each service
    someone has to wait in a queue for a long time, this is due to the long service time
    and limited facilities. This study aims to determine the number of facilities that
    are good enough to serve based on the simulation results of the queuing system
    using the ProModel application. This study uses a multiple line queuing system
    model (M/M/S) and disciplined First In First Out (FIFO). The process of
    calculating date uses the Stat::Fit tools in the ProModel application and to
    meansure the level of utility of each service using the ProModel application.
    From the simulation results, it is known that the highest level utility is in the drug
    taking service at 88.66 % with an average time in the system of 24.05 minutes.
    Then a simulation was made using 2 drug retrieval services and it is known that
    the utility level is 46.77 % with an average time in the system 23.04 minutes.
    Keywords : Clinic, Multiple line queuing model (M/M/S), ProModel