
#15670
SKR/AK MANAJERIAL 055 RYA p 2022 ISBN:18.651.083
Subjects:Akuntansi Manajerial pengaruh kualitas pelayanan
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA PADA KANTOR SAMSAT BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA TAHUN 2021 --Ed.1
RYAN WIRANATA PUTRA / / /Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2022
xvi., 69 hlm ., 20x29 cm., ilus. Bahasa:IND
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN
BERMOTOR RODA DUA PADA KANTOR SAMSAT
BULUNGANPROVINSI KALIMANTAN UTARA TAHUN 2021
Nama Mahasiswa : Ryan Wiranata Putra
NIM : 18651083
Dosen Pembimbing : 1. Yulius Gessong Sampeallo, S.E., M.M.
2. Drs. H. Noor Fachman Tjetje, M.TM.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada kantor
SAMSAT Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, yang terdiri dari (a) keandalan
informasi, (b) kenyamanan, (c) kepercayaan, (d) keamanan dan (e) fasilitas dalam
meningkatkan efektivitas pembayaran pajak kendaraan bermotor. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan penyebaran kuisioner kepada
responden yang merupakan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua pada
Kantor SAMSAT Bulungan Provinsi Kalimantan Utara yang berjumlah 100
orang. Metode analisis data statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear
sederhana dengan bantuan IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas
pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua. Hal ini dibuktikan dengan nilai
thitung sebesar 6,679 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,660 dengan nilai
signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian
ini diterima.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Efektivitas Pembayaran Pajak dan
Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor .
ix
THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY ON
VEHICLE TAX PAYING EFFECTIVENESS
TWO WHEEL MOTOR AT SAMSAT OFFICE
NORTH KALIMANTAN PROVINCE BULUNGAN IN 2021
Name : Ryan Wiranata Putra
Student College Number : 18651083
The Lecturer of Supervisor : 1. Yulius Gessong Sampeallo, S.E., M.M.
2. Drs. H. Noor Fachman Tjetje, M.TM.
Abstract
This study aims to determine the quality of service at the office of SAMSAT
Bulungan, North Kalimantan Province, which consists of knowing information,
(b) convenience, (d) security and facilities in increasing the effectiveness of motor
vehicle paymentsThe data collection technique in this study is by distributing
questionnaires to respondents who are Two-Wheeled Motorized Vehicle
Taxpayers at the SAMSAT Bulungan Office of North Kalimantan Province,
totaling 100 people. The data analysis method used is simple linear regression
analysis with the help of IBM SPSS version 24. The results of this study indicate
that service quality has a positive and significant effect on the effectiveness of
paying taxes on two-wheeled motor vehicles. This is evidenced by the tcount value
of 6.679 which is greater than ttable of 1.660 with a significant value of 0.013
which is smaller than 0.05 so that the hypothesis in this study is accepted.
Keywords: Service Quality, Effectiveness of Tax Payments and Motor Vehicle
Tax Receipts.