Skripsi
#15670
SKR/AK MANAJERIAL 055 RYA p 2022 ISBN:18.651.083

Subjects:Akuntansi Manajerial pengaruh kualitas pelayanan

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA PADA KANTOR SAMSAT BULUNGAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA TAHUN 2021 --Ed.1

    RYAN WIRANATA PUTRA / / /
    Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2022
    xvi., 69 hlm ., 20x29 cm., ilus. Bahasa:IND

    PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
    EFEKTIVITAS PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN
    BERMOTOR RODA DUA PADA KANTOR SAMSAT
    BULUNGANPROVINSI KALIMANTAN UTARA TAHUN 2021
    Nama Mahasiswa : Ryan Wiranata Putra
    NIM : 18651083
    Dosen Pembimbing : 1. Yulius Gessong Sampeallo, S.E., M.M.
    2. Drs. H. Noor Fachman Tjetje, M.TM.
    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada kantor
    SAMSAT Bulungan Provinsi Kalimantan Utara, yang terdiri dari (a) keandalan
    informasi, (b) kenyamanan, (c) kepercayaan, (d) keamanan dan (e) fasilitas dalam
    meningkatkan efektivitas pembayaran pajak kendaraan bermotor. Teknik
    pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan penyebaran kuisioner kepada
    responden yang merupakan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Roda Dua pada
    Kantor SAMSAT Bulungan Provinsi Kalimantan Utara yang berjumlah 100
    orang. Metode analisis data statistik yang digunakan adalah analisis regresi linear
    sederhana dengan bantuan IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini menunjukkan
    bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas
    pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua. Hal ini dibuktikan dengan nilai
    thitung sebesar 6,679 yang lebih besar dari ttabel sebesar 1,660 dengan nilai
    signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga hipotesis dalam penelitian
    ini diterima.
    Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Efektivitas Pembayaran Pajak dan
    Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor .
    ix
    THE INFLUENCE OF SERVICE QUALITY ON
    VEHICLE TAX PAYING EFFECTIVENESS
    TWO WHEEL MOTOR AT SAMSAT OFFICE
    NORTH KALIMANTAN PROVINCE BULUNGAN IN 2021
    Name : Ryan Wiranata Putra
    Student College Number : 18651083
    The Lecturer of Supervisor : 1. Yulius Gessong Sampeallo, S.E., M.M.
    2. Drs. H. Noor Fachman Tjetje, M.TM.
    Abstract
    This study aims to determine the quality of service at the office of SAMSAT
    Bulungan, North Kalimantan Province, which consists of knowing information,
    (b) convenience, (d) security and facilities in increasing the effectiveness of motor
    vehicle paymentsThe data collection technique in this study is by distributing
    questionnaires to respondents who are Two-Wheeled Motorized Vehicle
    Taxpayers at the SAMSAT Bulungan Office of North Kalimantan Province,
    totaling 100 people. The data analysis method used is simple linear regression
    analysis with the help of IBM SPSS version 24. The results of this study indicate
    that service quality has a positive and significant effect on the effectiveness of
    paying taxes on two-wheeled motor vehicles. This is evidenced by the tcount value
    of 6.679 which is greater than ttable of 1.660 with a significant value of 0.013
    which is smaller than 0.05 so that the hypothesis in this study is accepted.
    Keywords: Service Quality, Effectiveness of Tax Payments and Motor Vehicle
    Tax Receipts.