#15632
SKR/AK MANAJERIAL 042 RUH p 2022 ISBN:18.651.110
Subjects:Akuntansi Manajerial FAKTOR ORGANISASI
PENGARUH FAKTOR ORGANISASI, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR INDIVIDU PENERIMAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PERSEPSI KEMANFAATAN (PERCEIVED USEFULNESS) PADA BANK SYARIAH INDONESIA SAMARINDA --Ed.1
RUHMI MEYSHA STINHA / / /Politeknik Negeri Samarinda SAMARINDA 2022
xvii., 78 hlm ., 20x29 cm., ilus. Bahasa:IND
“PENGARUH FAKTOR ORGANISASI, FAKTOR SOSIAL,
FAKTOR INDIVIDU PENERIMAAN TEKNOLOGI INFORMASI
TERHADAP PERSEPSI KEMANFAATAN (PERCEIVED USEFULNESS)
PADA BANK SYARIAH INDONESIA SAMARINDA”
Nama : Ruhmi Meysha Stinha
NIM : 18651110
Dosen Pembimbing : 1. Muhammad Suyudi, S.E., M.SA., Ak., CA.
2. Rahmawati Fitriana, S.Pd., M.Pd. BI.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh dari faktor
Organisasi, Sosial dan Individu Penerimaan Teknologi Informasi terhadap persepsi
kemanfaatan Pada Bank Syariah Indonesia Kota Samarinda. Penelitian ini
menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner. Sampel dalam
penelitian ini adalah Pegawai yang dapat mengakses software T24 pada Bank
Syariah Indonesia kota Samarinda. Pemilihan sampel menggunakan metode
Purposive sampling dan jumlah sampel penelitian sebanyak 62 responden. Metode
analisis data diuji dengan Statistical Product And Service Solution (SPSS) Statistics
versi 26. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji kualitas
data, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji
determinasi (R2/R Square). Hasil penelitiaan menunjukkan: (1) Faktor Organisasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kemanfaatan, (2) Faktor Sosial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kemanfaatan, (3) Faktor
Individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi kemanfaatan, (4)
Faktor Organisasi, Faktor Sosial dan Faktor individu secara simultan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap persepsi kemanfaatan.
Kata Kunci: Faktor Organisasi, Faktor Sosial, Faktor Individu, dan persepsi
kemanfaatan.
ix
"INFLUENCE OF ORGANIZATIONAL FAKTORS, SOCIAL
FAKTORS, INDIVIDU FAKTORS OF ACCEPTANCE OF INFORMATION
TECHNOLOGY TO PERCEIVED USEFULNES AT BANK SYARIAH
INDONESIA SAMARINDA"
Name : Ruhmi Meysha Stinha
NIM : 18651110
Lecturer: 1. Muhammad Suyudi, S.E., M.SA., Ak., CA.
2. Rahmawati Fitriana, S.Pd., M.Pd. BI.
ABSTRACT
This study aims to test and determine the influence of Organizational, Social
and Individual Factors of Information Technology Acceptance on the perception of
expediency at Bank Syariah Indonesia, Samarinda City. This study used primary
data collected through questionnaires. The sample in this study is employees who
can access T24 software at Bank Syariah Indonesia, Samarinda city. The sample
selection used the Purposive sampling method and the number of research samples
was 62 respondents. The data analysis method was tested with Statistical Product
And Service Solution (SPSS) Statistics version 26. The data analysis techniques
used are descriptive statistics, data quality tests, classical assumption tests, and
multiple linear regression analysis, t-tests, F tests, determination tests (R2/R
Square). The results of this study show: (1) Organizational Factors have a positive
and significant effect on Perceived usefulness, (2) Social Factors have a positive
and significant effect on Perceived usefulness, (3) Individual Factors have a
positive and significant effect on Perceived usefulness, (4) Organizational Factors,
Social Factors and Individual factors simultaneously have a positive and
significant effect on Perceived usefulness
Keywords: Organizational Factors, Social Factors, Individual Factors, and
Perceived usefulness.