#15571
SKR/AK MANAJERIAL 017 AME p 2022 ISBN:18 651 001
Subjects:Akuntansi Manajerial Lingkungan sosial; kualitas pelayanan
PENGARUH RELIGIUSITAS, LINGKUNGAN SOSIAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA CABANG SAMARINDA --Ed. 1
AMELIA DWISAFIRA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xvii; 75 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind
PENGARUH RELIGIUSITAS, LINGKUNGAN SOSIAL DAN KUALITAS
PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH BANK
SYARIAH INDONESIA CABANG SAMARINDA
Nama Mahasiswa : Amelia Dwisafira
NIM : 18 651 001
Dosen Pembimbing : 1. Dr. H. Omar Dhanny, S.E., M.Kom.
2. H. Abdul Rahman, LC., M.Fil.I.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan membuktikan pengaruh secara
parsial maupun simultan dari variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini
menggunakan 3 (tiga) variabel independen yaitu Religiusitas, Lingkungan Sosial
dan Kualitas Pelayanan. Sementara itu untuk variabel dependen yaitu Minat
Menabung.
Penelitian ini merupakan Explanatory Research dengan menggunakan
Cross Sectional Method dan populasinya adalah nasabah Bank Syariah Indonesia
cabang Samarinda yang tidak diketahui jumlahnya dan jumlah sampel sebanyak
136 responden. Adapun teknik pengambilan sampelnya menggunakan Accidental
Sampling. Alat analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, statistik
deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis dengan
menggunakan SPSS.
Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan Religiusitas secara parsial
berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menabung dengan nilai t hitung
sebesar 3,041 atau nilai signifikansi adalah 0,003. Lingkungan Sosial secara parsial
berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menabung dengan nilai t hitung
sebesar 4,379 atau nilai signifikansi adalah 0,000. Kualitas Pelayanan secara parsial
berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menabung dengan nilai t hitung
sebesar 4,524 atau nilai signifikansi adalah 0,000. Uji F menunjukkan Religiusitas,
Lingkungan Sosial dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif
signifikan terhadap Minat Menabung dengan nilai F hitung sebesar 39,809 atau
nilai signifikansi adalah 0,000.
Kata Kunci: Religiusitas, Lingkungan Sosial, Kualitas Pelayanan, Minat
Menabung.ix
THE EFFECT OF RELIGIOSITY, SOCIAL ENVIRONMENT AND
SERVICE QUALITY ON SAVING INTERESTS IN CUSTOMERS OF
BANK SYARIAH INDONESIA, SAMARINDA BRANCH
Name of Student : Amelia Dwisafira
Student ID Number : 18 651 001
Examiner : 1. Dr. H. Omar Dhanny, S.E., M.Kom.
2. H. Abdul Rahman, LC., M.Fil.I.
ABSTRACT
This study aims to analyze and prove the partial or simultaneous effect of
the variables studied. This study uses 3 (three) independent variables, namely
Religiosity, Social Environment and Service Quality. Meanwhile, the dependent
variable is Saving Interest.
This research is an Explanatory Research using Cross Sectional Method
and the population is the customers of Bank Syariah Indonesia, Samarinda branch
of unknown number with a total sample of 136 respondents. The sampling technique
is using Accidental Sampling. The data analysis tools used research instrument
tests, descriptive statistics, classical assumption tests, multiple linear regression,
and hypothesis testing using SPSS.
The results of the study using the t test showed that Religiosity partially had
a significant positive effect on Saving Interest with a t-count value of 3,041 or a
significance value of 0,003. Social Environment partially has a significant positive
effect on Saving Interest with a t-count value of 4,379 or a significance value of
0,000. Service Quality partially has a significant positive effect on Saving Interest
with a t-count value of 4,524 or a significance value of 0,000. The F test showed
that Religiosity, Social Environmet simultaneously have a significant positive effect
on Saving Interest with an F-count value of 39,809 or a significance value of 0,000.
Keywords: Religiosity, Social Environment, Service Quality, Saving Interest.