Skripsi
#15571
SKR/AK MANAJERIAL 017 AME p 2022 ISBN:18 651 001

Subjects:Akuntansi Manajerial Lingkungan sosial; kualitas pelayanan

    PENGARUH RELIGIUSITAS, LINGKUNGAN SOSIAL DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA CABANG SAMARINDA --Ed. 1

    AMELIA DWISAFIRA / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
    xvii; 75 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind

    PENGARUH RELIGIUSITAS, LINGKUNGAN SOSIAL DAN KUALITAS
    PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH BANK
    SYARIAH INDONESIA CABANG SAMARINDA
    Nama Mahasiswa : Amelia Dwisafira
    NIM : 18 651 001
    Dosen Pembimbing : 1. Dr. H. Omar Dhanny, S.E., M.Kom.
    2. H. Abdul Rahman, LC., M.Fil.I.
    ABSTRAK
    Penelitian ini bertujuan menganalisis dan membuktikan pengaruh secara
    parsial maupun simultan dari variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini
    menggunakan 3 (tiga) variabel independen yaitu Religiusitas, Lingkungan Sosial
    dan Kualitas Pelayanan. Sementara itu untuk variabel dependen yaitu Minat
    Menabung.
    Penelitian ini merupakan Explanatory Research dengan menggunakan
    Cross Sectional Method dan populasinya adalah nasabah Bank Syariah Indonesia
    cabang Samarinda yang tidak diketahui jumlahnya dan jumlah sampel sebanyak
    136 responden. Adapun teknik pengambilan sampelnya menggunakan Accidental
    Sampling. Alat analisis data menggunakan uji instrumen penelitian, statistik
    deskriptif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis dengan
    menggunakan SPSS.
    Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan Religiusitas secara parsial
    berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menabung dengan nilai t hitung
    sebesar 3,041 atau nilai signifikansi adalah 0,003. Lingkungan Sosial secara parsial
    berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menabung dengan nilai t hitung
    sebesar 4,379 atau nilai signifikansi adalah 0,000. Kualitas Pelayanan secara parsial
    berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Menabung dengan nilai t hitung
    sebesar 4,524 atau nilai signifikansi adalah 0,000. Uji F menunjukkan Religiusitas,
    Lingkungan Sosial dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif
    signifikan terhadap Minat Menabung dengan nilai F hitung sebesar 39,809 atau
    nilai signifikansi adalah 0,000.
    Kata Kunci: Religiusitas, Lingkungan Sosial, Kualitas Pelayanan, Minat
    Menabung.ix
    THE EFFECT OF RELIGIOSITY, SOCIAL ENVIRONMENT AND
    SERVICE QUALITY ON SAVING INTERESTS IN CUSTOMERS OF
    BANK SYARIAH INDONESIA, SAMARINDA BRANCH
    Name of Student : Amelia Dwisafira
    Student ID Number : 18 651 001
    Examiner : 1. Dr. H. Omar Dhanny, S.E., M.Kom.
    2. H. Abdul Rahman, LC., M.Fil.I.
    ABSTRACT
    This study aims to analyze and prove the partial or simultaneous effect of
    the variables studied. This study uses 3 (three) independent variables, namely
    Religiosity, Social Environment and Service Quality. Meanwhile, the dependent
    variable is Saving Interest.
    This research is an Explanatory Research using Cross Sectional Method
    and the population is the customers of Bank Syariah Indonesia, Samarinda branch
    of unknown number with a total sample of 136 respondents. The sampling technique
    is using Accidental Sampling. The data analysis tools used research instrument
    tests, descriptive statistics, classical assumption tests, multiple linear regression,
    and hypothesis testing using SPSS.
    The results of the study using the t test showed that Religiosity partially had
    a significant positive effect on Saving Interest with a t-count value of 3,041 or a
    significance value of 0,003. Social Environment partially has a significant positive
    effect on Saving Interest with a t-count value of 4,379 or a significance value of
    0,000. Service Quality partially has a significant positive effect on Saving Interest
    with a t-count value of 4,524 or a significance value of 0,000. The F test showed
    that Religiosity, Social Environmet simultaneously have a significant positive effect
    on Saving Interest with an F-count value of 39,809 or a significance value of 0,000.
    Keywords: Religiosity, Social Environment, Service Quality, Saving Interest.