Final_Project
#15345
TA/JUR.PARIWISATA.PS.PERHOTELAN 001 ADE p 2022 ISBN:19623029

Subjects:Pariwisata Penelitian

    Penerapan Hygine Dan Sanitasi Terhadap Kualitas Kamar Hotel Ibis Samarinda --

    ADE PRAYOGA NOTOASIH / / /
    Samarinda 2022
    xviii; 134 h; ilus; 29 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tingkatan persaingan industri perhotelan yang semakin ketat. Banyakanya hotel yang melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Hotel Ibis Samarinda adalah salah satu hotel berbintang tiga. Hotel Ibis Samarinda masih dianggap kurang dalam memberikan pelayanan dari segi hygiene dan sanitasi. Dikarenakan, masih adanya sisa makanan tamu yang dimakan oleh Room Attandant hotel Ibis samarinda yang dapat mengakibatkan sakit dan turunnya kualitas kamar. Oleh karna itu, penulis tertarik untuk meneliti “Penerapan Hygiene Dan Sanitasi Pekerja Room Attandent Hotel Ibis Samarinda”.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kualitas Pekerja Room Attandant terhadap kualitas pelayanan dan kamar, metode penelitian yang di lakukan yaitu dengan menganalis kemungkinan kemungkinan yang dapat menyebabkan penurunan kualitas kamar dengan cara observasi dan wawancara secara langusung.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan room attandent hotel Ibis Samarinda sudah baik, ditandai dengan hasil wawancara dengan beberapa narasumber yang cenderung menjawab telah sesuai dengan SOP (standard operasional prosedur) hygiene dan sanitasi yang juga dimana hal itu telah memenuhi persyaratan kesehatan hotel berdasarkan peraturan menteri kesehatan No.80/Menkes/per/II/1990, hotel telah layak (sehat). Namun dalam pelaksanaan pembersihan kamar terdapat permasalah yang terletak pada pembersihan kamar mandi dan toilet yang tidak sesuai dengan SOP yang ada.

    Kata Kunci: Hotel, Hygiene,Sanitasi, Room Attandent, kualitas kamar,SOP.

    ABSTRACT

    This research is motivated by the increasingly fierce competition in the hospitality industry. The number of hotels that innovate to improve service quality. Hotel Ibis Samarinda is a three-star hotel. Hotel Ibis Samarinda is still considered lacking in providing services in terms of cleanliness and sanitation. Therefore, there are still guest food leftovers eaten by the Ibis samarinda hotel Room Attendant which can cause illness and decrease the quality of the room. Therefore, the authors are interested in researching "Implementation of Hygiene and Sanitation for Room Attandent Workers at Ibis Samarinda Hotel".
    The purpose of this study was to improve the Quality of Room Attendant Workers on the quality of service and rooms, the research method was carried out by analyzing the possibilities that could cause a decrease in room quality by means of observation and language interviews.
    The results showed that the room service quality of the Ibis Samarinda hotel staff was good, indicated by the results of interviews with several sources who tended to answer that they were in accordance with the SOP (standard operating procedures) for cleanliness and sanitation which also met the hotel health requirements based on the regulation of the minister of health No. 80/ Minister of Health/per/II/1990, the hotel has been decent (healthy). However, in the maintenance of bathrooms and toilets that are not in accordance with existing SOPs.
    Keywords: Hotel, Hygiene, Sanitation, Room Attandent,room quality,SOP.