Skripsi
#15344
SKR/AK MANAJERIAL 009 JIH p 2022 ISBN:18 651 031

Subjects:Akuntansi; Perbankan Penjualan; Pemasaran; harga jual

    PENGARUH PENJUALAN, PEMASARAN, PELAYANAN DAN HARGA JUAL TERHADAP PENURUNAN LABA PERUSAHAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 --Ed. 1

    Jihaan Nafiisah / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
    xvii; 66 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind

    Pengaruh Penjualan, Pemasaran, Pelayanan dan Harga Jual
    Terhadap Penurunan Laba Perusahaan Pada Masa Pandemi
    Covid-19
    Nama Mahasiswa : Jihaan Nafiisah
    NIM : 18 651 031
    Dosen Pembimbing : 1. Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M., M.Pd., Ph.D., Akt., CA.
    2. Drs. Diyah Permana , M.Hum.
    ABSTRAK
    Jihaan Nafiisah, 2022. “ Pengaruh Penjualan, Pemasaran, Pelayanan dan
    Harga Jual Terhadap Penurunan Laba Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid-19”
    Jurusan Akuntansi, Program Studi Akuntansi Manajerial, Politeknik Negeri
    Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M., M.Pd.,
    Ph.D., Akt., CA. selaku Dosen Pembimbing pertama dan Bapak Drs. Diyah
    Permana, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing kedua.
    Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari faktor internal
    perusahaan yaitu penjualan, pemasaran, pelayanan, dan harga jual terhadap
    penurunan laba pada masa pandemi Covid-19 baik secara parsial aupun simultan.
    Jenis penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data
    menggunakan kuisioner yang diukur dengan skala Likert. Metode analisis data
    menggunakan model analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS
    Statistik 2019. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil
    penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel penjualan, pemasaran,
    pelayanan dan harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap penurunan
    laba perusahaan pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan secara simultan variabel
    penjualan, pemasaran, pelayanan dan harga jual berpengaruh positif dan signifikan
    terhadap penurunan laba perusahaan pada masa Pandemi Covid-19 dengan nilai
    signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
    Kata kunci: penjualan, pemasaran, pelayanan, harga jual, dan penurunan laba.ix
    The Effect of Sales, Marketing, Service and Selling Prices on the
    Decline in Company Profits During the Covid-19 Pandemic
    Name of Student : Jihaan Nafiisah
    Student Id Number : 18 651 031
    Examiner : 1. Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M., M.Pd., Ph.D., Akt., CA.
    2. Drs. Diyah Permana , M.Hum..
    ABSTRACT
    Jihaan Nafiisah, 2022. "The Effect of Sales, Marketing, Service and
    Selling Prices on Decreasing Company Profits During the Covid-19 Pandemic"
    Department of Accounting, Managerial Accounting Study Program, Samarinda
    State Polytechnic. Under the guidance of Mr. Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M.,
    M.Pd., Ph.D., Akt., CA. as the first Advisor and Mr. Drs. Diyah Permana, M. Hum.
    as the second Advisory Lecturer.
    The purpose of this study was to determine the effect of the company's
    internal factors, namely sales, marketing, service, and selling prices on the decline
    in profits during the Covid-19 pandemic, either partially or simultaneously. This
    type of research is a quantitative research model. The data collection method used
    a questionnaire which was measured by a Likert scale. The data analysis method
    uses a multiple linear regression analysis model with the help of IBM SPSS
    Statistics 2019. The number of samples for this study is 100 respondents. The results
    of this study indicate that partially the sales, marketing, service and selling price
    variables have a positive and significant impact on the decline in company profits
    during the Covid-19 pandemic. Meanwhile, simultaneously, the variables of sales,
    marketing, service and selling prices have a positive and significant impact on the
    decline in company profits during the Covid-19 pandemic with a significance value
    of 0.000 <0.05.
    Keyword: sales, marketing, service, sellingt prices, and profit reduction.