#15344
SKR/AK MANAJERIAL 009 JIH p 2022 ISBN:18 651 031
Subjects:Akuntansi; Perbankan Penjualan; Pemasaran; harga jual
PENGARUH PENJUALAN, PEMASARAN, PELAYANAN DAN HARGA JUAL TERHADAP PENURUNAN LABA PERUSAHAAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 --Ed. 1
Jihaan Nafiisah / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xvii; 66 hlm.; 20x29 cm.; ilus. Bahasa:Ind
Pengaruh Penjualan, Pemasaran, Pelayanan dan Harga Jual
Terhadap Penurunan Laba Perusahaan Pada Masa Pandemi
Covid-19
Nama Mahasiswa : Jihaan Nafiisah
NIM : 18 651 031
Dosen Pembimbing : 1. Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M., M.Pd., Ph.D., Akt., CA.
2. Drs. Diyah Permana , M.Hum.
ABSTRAK
Jihaan Nafiisah, 2022. “ Pengaruh Penjualan, Pemasaran, Pelayanan dan
Harga Jual Terhadap Penurunan Laba Perusahaan Pada Masa Pandemi Covid-19”
Jurusan Akuntansi, Program Studi Akuntansi Manajerial, Politeknik Negeri
Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M., M.Pd.,
Ph.D., Akt., CA. selaku Dosen Pembimbing pertama dan Bapak Drs. Diyah
Permana, M.Hum. selaku Dosen Pembimbing kedua.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari faktor internal
perusahaan yaitu penjualan, pemasaran, pelayanan, dan harga jual terhadap
penurunan laba pada masa pandemi Covid-19 baik secara parsial aupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah model penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data
menggunakan kuisioner yang diukur dengan skala Likert. Metode analisis data
menggunakan model analisis regresi linear berganda dengan bantuan IBM SPSS
Statistik 2019. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 100 responden. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel penjualan, pemasaran,
pelayanan dan harga jual berpengaruh positif dan signifikan terhadap penurunan
laba perusahaan pada masa pandemi Covid-19. Sedangkan secara simultan variabel
penjualan, pemasaran, pelayanan dan harga jual berpengaruh positif dan signifikan
terhadap penurunan laba perusahaan pada masa Pandemi Covid-19 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci: penjualan, pemasaran, pelayanan, harga jual, dan penurunan laba.ix
The Effect of Sales, Marketing, Service and Selling Prices on the
Decline in Company Profits During the Covid-19 Pandemic
Name of Student : Jihaan Nafiisah
Student Id Number : 18 651 031
Examiner : 1. Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M., M.Pd., Ph.D., Akt., CA.
2. Drs. Diyah Permana , M.Hum..
ABSTRACT
Jihaan Nafiisah, 2022. "The Effect of Sales, Marketing, Service and
Selling Prices on Decreasing Company Profits During the Covid-19 Pandemic"
Department of Accounting, Managerial Accounting Study Program, Samarinda
State Polytechnic. Under the guidance of Mr. Dr. La Ode Hasiara, S.E., M.M.,
M.Pd., Ph.D., Akt., CA. as the first Advisor and Mr. Drs. Diyah Permana, M. Hum.
as the second Advisory Lecturer.
The purpose of this study was to determine the effect of the company's
internal factors, namely sales, marketing, service, and selling prices on the decline
in profits during the Covid-19 pandemic, either partially or simultaneously. This
type of research is a quantitative research model. The data collection method used
a questionnaire which was measured by a Likert scale. The data analysis method
uses a multiple linear regression analysis model with the help of IBM SPSS
Statistics 2019. The number of samples for this study is 100 respondents. The results
of this study indicate that partially the sales, marketing, service and selling price
variables have a positive and significant impact on the decline in company profits
during the Covid-19 pandemic. Meanwhile, simultaneously, the variables of sales,
marketing, service and selling prices have a positive and significant impact on the
decline in company profits during the Covid-19 pandemic with a significance value
of 0.000 <0.05.
Keyword: sales, marketing, service, sellingt prices, and profit reduction.