
#15337
SKR/AK KEUANGAN & PERBANKAN 008 NAN p 2022 ISBN:18.661.035
Subjects:Akuntansi; Perbankan Mobile banking
PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN MENGGUNAKAN MOBILE BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK CENTRAL ASIA, Tbk. DI SAMARINDA TAHUN 2022 --Ed. 1
NANDA ROSITA AMELIA / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2022
xviii; 78 hlm.; 20x29 cm.; ilus Bahasa:Ind
Pengaruh Manfaat, Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan
Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank
Central Asia, Tbk. Di Samarinda Tahun 2022
Nama : Nanda Rosita Amelia
NIM : 18661035
Dosen Pembimbing : 1. Dr. Omar Dhanny, S.E., M.Kom
2. Drs. H. Noor Fachman Tjetje, M.TM
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat, kemudahan dan
kepercayaan menggunakan mobile banking terhadap kepuasan nasabah. Penelitian
ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner
kepada nasabah Bank Central Asia yang diukur dengan skala likert. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas dan Uji Reliabilitas dan
pengujian Hipotesis yang terdiri dari Uji Parsial (Uji t), Uji Simultan (Uji F) dan
Koefisien Determinasi (R2) dengan menggunakan alat bantu pengujian berupa
program pengolahan data IBM SPSS Statistics versi 19. Jenis penelitian adalah
model penelitian kuantitatif. Metode analisis data menggunakan model analisis
regresi linier berganda. Jumlah sampel penelitian sebanyak 120 responden. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel manfaat dan kepercayaan
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah, sedangkan variabel
kemudahan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan
nasabah menggunakan mobile banking pada PT Bank Central Asia, Tbk. di
Samarinda. Secara simultan variabel manfaat, kemudahan, dan kepercayaan
berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan nasabah menggunakan mobile
banking pada PT Bank Central Asia, Tbk. di Samarinda.
Kata-Kata Kunci: Manfaat, Kemudahan, Kepercayaan, Kepuasan Nasabah, Mobile Bankingix
The Effect Of Benefits, Easinesses And Trusts Of Using Mobile
Banking On Customers Satisfactions At Bank Central Asia Ltd.
In Samarinda In 2022
Name : Nanda Rosita Amelia
Student ID Number : 18661035
Guided : 1. Dr. Omar Dhanny, S.E., M.Kom
2. Drs. H. Noor Fachman Tjetje, M.TM
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the benefits, easinesses and trusts of
using mobile banking on customers satisfactions. This study uses primary data
obtained through the distribution of questionnaires to Bank Central Asia
customers as measured by the Likert scale. The data analysis technique used are
Validity Test and Reliability Test and Hypothesis testing which consists of Partial
Test (t Test), Simultaneous Test (F Test) and Coefficient of Determination (R2) by
using a testing tool in the form of data processing program IBM SPSS Statistic
version 19. This type of research is a quantitative research model. Methods of
data analysis use multiple linear regression analysis model. The number of
research samples was 120 respondents. The results showed that partially the
benefit and trust variables had a significant positive effect on customer
satisfaction, while the easinesses variable had a positive but not significant effect
on customer satisfaction using mobile banking at PT Bank Central Asia, Tbk. in
Samarinda. Simultaneously, Benefits, Easinesses, and trusts variables have a
significant positive effect on customer satisfaction using mobile banking at PT
Bank Central Asia, Tbk. in Samarinda.
Keyword’s: Benefits, Convenience, Trust, Customer Satisfaction, Mobile Banking