Skripsi
#14898
SKRIPSI/JUR.TI PS.TEKNIK INFORMATIKA MULTIMEDIA/029 WAH R 2021 ISBN:17665017

Subjects: Penelitian

    RANCANG BANGUN GAME 2D ACTION PLATFORMER MENERAPKAN METODE FINITE STATE MACHINE --

    WAHYU FACHRI HUDA / / /
    Samarinda Samarinda 2021
    viii; 175 h; ilus; 23 cm Bahasa:IND

    ABSTRAK
    Game diciptakan untuk hiburan bagi masyarakat, dari anak-anak hingga orang dewasa, selain untuk hiburan, game juga dapat digunakan untuk keperluan edukasi. Game itu sendiri memiliki banyak genre, salah satunya adalah genre action platformer. Genre ini menjadi salah satu genre yang cukup banyak diminati, meskipun tidak sepopuler genre RPG (Role Playing Game) ataupun adventure. Kepopuleran genre ini karena menghadirkan gameplay yang ringan dan tidak terlalu rumit, di mana membuatnya cocok untuk dimainkan oleh semua golongan usia. Game yang terkenal dengan tampilan 2D platformer adalah Super Mario Bross, Hollow Knight, Sonic Series, Crash Bandicoot, Metal Slug, dan masih banyak lagi. Aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah Unreal Engine 4 yang mana aplikasi ini sudah membuat berbagai macam game ber-genre apapun. Penelitian ini menerapkan Algoritma FSM (Finite State Machine) untuk pergerakan NPC (Non Playable Character) yaitu karakter yang digerakan oleh kecerdasan buatan yang di gunakan untuk mendukung game tersebut. Seperti karakter Enemy dan Boss yang di gunakan tiga hal yaitu : keadaan, kejadian, dan aksi. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah sebuah game yang berjudul The Lone Knight, yaitu game 2D action platformer yang memiliki 3 level yang dapat dimainkan dengan baik.
    Kata kunci : Game, Platformer, Finite State Machine, Unreal Engine 4