Final_Project
#14004
TA/ADMINISTRASI BISNIS 011 GIL p 2021 ISBN:18 622 068

Subjects: Penelitian

    PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2018 PADA PROGRAM STUDI DIII ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA --

    GILANG RIZKI ROMADHONI / / /
    Samarinda 2021
    v; 105 h; ilus; 23 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Romadhoni, Gilang Rizki. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Mahasiswa Angkatan 2018 Pada Program Studi DIII Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda. Tugas Akhir. Jurusan Administrasi Bisnis. Program Studi DIII Administrasi Bisnis. Politeknik Negeri Samarinda. Dosen Pembimbing Heldina Pristanti, S.Pd., M.Pd dan Kristin Wulansari, S.E., M.Si.
    Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2018 Pada Program Studi DIII Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda”. Data penelitian ini diperoleh dari Kuesioner (Data Primer) yang dibagikan kepada mahasiswa Program Studi DIII Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Samarinda dengan metode penilai menggunakan skala likert. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 122 orang responden menyesuaikan jumlah Mahasiswa Angkatan 2018 pada Program Studi DIII Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Samarinda.
    Kuesioner ini diuji menggunakan Analisis Regresi Sederhana karena hanya menggunakan dua (2) variable dan menggunakan Uji Instrumen (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas) serta Uji Hipotesis (Uji T dan Uji Regresi Sederhana) maupun Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variable Pembelajaran Daring dan Prestasi Belajar berpengaruh positif secara signifikan. Dengan nilai koefisian determinasi dapat dilihat dari R Square sebesar 0,665 yang berarti menunjukkan bahwa variable bebas menimbulkan keberadaan variable terikat semakin kuat karena mendekati nilai satu (1).
    Pembelajaran daring mampu menjadi penolong dunia pendidikan di masa pandemic Covid-19 ini. Penilaian hasil nilai Indeks Prestasi Mahasiwa menunjukkan bahwa prestasi belajar mengalami kenaikan walaupun pembelajaran dilakukan dengan daring.