Skripsi
#13972
SKRIPSI/AK.MANAJERIAL 068 LIN p 2021 ISBN:17.651.045

Subjects: Penelitian

    SKRIPSI PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI --

    LINDA PURWANTI / / /
    Samarinda 2021
    viii; 175 h; ilus; 23 cm Bahasa:Ind

    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap pemahaman akuntansi. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Manajerial angkatan 2017 Politeknik Negeri Samarinda dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data berdasarkan data primer diperoleh dari penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dilakukan dengan uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan uji regresi berganda dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows.
    Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji pengaruh parsial dengan uji T, Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai Thitung sebesar 2,568 dan nilai sig. sebesar 0,013. Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai Thitung sebesar 2,791 dan nilai sig. sebesar 0,007. Sedangkan Perilaku Belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak dengan nilai Thitung sebesar 0,033 dan nilai sig. sebesar 0,684. Berdasarkan hasil uji signifikan pengaruh simultan dengan uji F, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Belajar secara bersama-sama atau simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi dengan nilai Fhitung sebesar 8,603 dan nilai sig. sebesar 0,000.
    Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar,
    dan Pemahaman Akuntansi.