Skripsi
#13866
SKRIPSI/AK.MANAJERIAL 032 SRI p 2021 ISBN:17.651.014

Subjects:Akuntansi Manajerial Penelitian

    PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA, MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIDANG AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMAN 10 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2020/2021 --

    SRILINDA / / /
    Samarinda 2021
    viii; 175 h; ilus; 23 cm Bahasa:Ind

    Abstrak
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bidang Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 10 Samarinda yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bidang Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. 2) Terdapat pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bidang Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. 3) Terdapat pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bidang Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. 4) Terdapat pengaruh Minat Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Bidang Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 10 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021.
    Kata Kunci : Minat Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Bidang Akuntansi, Metode
    Abstract
    This study aims to find out the Influence of Student Learning in Interest, Student Motivation and Parental Attention on Learning Achievement in Accounting For Students of Grade XI IPS SMA Negeri 10 Samarinda academic year 2020/2021. The subjects of this study was all students of grade XI IPS SMAN 10 Samarinda which amounted to 33 students. This study used quantitative approach, using primary data through a questionnaire and dokumentation. The validity test using product moment correlation formula, and the reliability test using Alpha Cronbach formula. Data analysis technique used multiple regression test using the SPSS program. The results of the study show that: 1) There is an influence of Student Interest on Learning Achievement in Accounting for Class XI Social Sciences SMA Negeri 10 Samarinda Academic Year 2020/2021. 2) There is an influence of student learning motivation on learning achievement in the field of accounting for students of class XI IPS SMA Negeri 10 Samarinda for the 2020/2021 academic year. 3) There is an effect of Parental Attention on Learning Achievement in the Accounting Sector for Class XI Social Sciences SMA Negeri 10 Samarinda for the 2020/2021 Academic Year. 4) There is an influence of student learning interest, student learning motivation and parental attention together on learning achievement in the accounting field for students of class XI IPS SMA Negeri 10 Samarinda for the 2020/2021 academic year.
    Keywords : Student Interest Learning, Student Motivation Learning, Parents' Attention, Learning Achievement in Accounting, Method