Skripsi
#13749
SKRIPSI/AK.Keuangan dan Perbankan 087 MUH p 2021 ISBN:17661030

Subjects:Akuntansi keuangan dan perbankan Penelitian

    PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN, KEAMANAN, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET PADA MASYARAKAT SAMARINDA --

    Muhammad Riski / / /
    Samarinda 2021
    48 hlm;ilus;29 cm. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Muhammad Riski, 2021. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, Keamanan, dan Promosi Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Masyarakat Samarinda. Jurusan Akuntansi, Program Studi Keuangan dan Perbankan. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Khairil Akbar, M.Si. dan Bapak Sigit Hartoko, S.S.T., M.E.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi kemudahan, kemanfaatan, keamanan, dan promosi terdapat minat masyarakat Samarinda dalam penggunaan e-wallet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada masyarakat Samarinda dengan jumlah sampel sebesar 100 responden menggunakan teknik Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linear Berganda dengan alat analisis IBM SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel persepsi kemudahan, kemanfaatan, dan keamanan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Samarinda menggunakan e-wallet. Sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Samarinda menggunakan e-wallet. Hasil pengujian secara simultan adalah variabel kemudahan, kemanfaatan, keamanan, dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Samarinda menggunakan e-wallet.
    Kata kunci : Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Keamanan, Promosi, Minat Menggunakan E-Wallet
    xvi
    ABSTRACT
    Muhammad Riski, 2021. The Effect of Perceived Ease of Use, Usefulness, Security, and Promotion on Interest in Using E-Wallet in Samarinda People. Department of Accounting, Finance and Banking Study Program. Under the guidance of Mr. Drs. Khairil Akbar, M. Si. and Mr. Sigit Hartoko, S. ST., M.E.
    This research aims to determine whether there is an effect of perceptions of ease of use, usefulness, security, and promotion on the interest of the people of Samarinda in the use of e-wallet. This research is a quantitative study with primary data obtained from distributing questionnaires to the people of Samarinda with a sample of 100 respondents using the Accidental Sampling technique. This research uses Multiple Linear Regression analysis with the IBM SPSS version 20 analysis tool. The results show partially that the perceived ease of use, usefulness, and security variables have a significant effect on the interest of the people of Samarinda using e-wallet. While the promotion variable has no significant effect on the interest of the people of Samarinda using e-wallet. The results of the simultaneous test are that the variables of perceived ease of use, usefulness, security, and promotion together have a significant effect on the interest of the people of Samarinda using e-wallet.
    Keywords : Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Perceived Security, Promotion, Interest in Using E-Wallet