Skripsi
#13731
SKRIPSI/AK.Keuangan dan Perbankan 072 MAR a p 2021 ISBN:17 661 087

Subjects:Akuntansi keuangan dan perbankan Penelitian

    ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK PEMBANGUNAN DAERAH KALIMANTAN TIMUR KALIMANTAN UTARA DI SAMARINDA --

    Mariana Sampe Alik / / /
    Samarinda 2021
    xiv; 202 h; ilus; 23 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Mariana Sampe Alik 2021. Judul skripsi “Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur Kalimantan Utara di Samarinda”. Jurusan Akuntasi, Program Studi Keuangan dan Perbankan, Politeknik Negeri Samarinda. Pembimbing pertama Bapak Omar Dhanny, S.E., M.Kom. dan Bapak Marwanto, S.E., M.Si., Ak. sebagai pembimbing kedua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berpengaruhi terhadap kepuasan nasabah pada Bankaltimtara di Samarinda di Samarinda baik secara parsial maupun simultan dan varibel yang paling dominan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan Skala Linkert. Metode Analisis data diuji dengan Statistical Product And Service Solution (SPSS). Jumlah sampel penelitian sebanyak 140 responden. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, kepercayaan dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah dan reputasi perusahaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,243 > 0,005. Secara simultan kualitas pelayanan, kepercayaan dan reputasi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005, dan variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan nasabah pada Bankaltimtara di Samarinda sebesar 0,838 pada tabel coefficients kolom unstandarddized coefficients beta.
    Kata Kunci: Kepercayaan, Kepuasan Nasabah, Kualiatas Pelayanan, Reputasi Perusahaan.ABSTRACT
    Mariana Sampe Alik 2021. The title of the thesis is “Analyses Factors that Influence toward Customers’ Satisfaction at PT Bank Pembangunan Daerah East Kalimantan North Kalimantan in Samarinda”. Department of Accounting, Finance and Banking Study program, Politeknik Negeri Samarinda. The First advisor Bapak Omar Dhanny, S.E., M.Kom. and Bapak Marwanto, S.E., M.Si., Ak. as the second advisor. The research aims to address the factors that affect the customers’ satisfactory at Bankaltimtara in Samarinda both partially and simultaneously and most dominant variable. The data is collected by using questionnaire which is measured by Linkert Scale. The data is analysed by examining the Statistical Product and Service Solution (SPSS). The number of research samples is 140 respondents. The analytical tools used are validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, multiple linear regression analysis, F test, t test, and R2 test. The result of the research reveals that partially the service quality with significance value of 0,000 < 0,05, trust with significance value of 0,003 < 0,05 impact positively towards customers’ satisfaction and company reputation does not influence against customers’ satisfaction with significance value of 0,234 > 0,005. Simultaneously service quality, trust, and a service quality variable that has a dominant influence on customer satisfaction at PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk Samarinda Branch Office at 0,838 on unstandardized column coefficients beta coefficients.
    Keywords: Company Reputation, Customer Satisfaction, Service Quality, Trust.