Skripsi
#13710
SKRIPSI/AK.Keuangan dan Perbankan 051 FIF p p 2021 ISBN:17 661 015

Subjects:Akuntansi keuangan dan perbankan Penelitian

    PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk KANTOR CABANG PEMBANTU SEI PINANG DALAM --

    Fifi Tryana Sagita / / /
    Samarinda 2021
    83 hlm;ilus;29,5 cm. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Fifi Tryana Sagita, 2021 “Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk KCP Sei Pinang Dalam. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Rafiqoh, S.E., M.M. sebagai Dosen Pembimbing Pertama dan Bapak H. Ibrahim MS, S.E., M.Bus. sebagai Dosen Pembimbing Kedua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk KCP Sei Pinang Dalam. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah BRI KCP Sei Pinang Dalam yang menggunakan layanan mobile banking. Dan untuk kepentingan penelitian maka dipilih sampel dengan menggunakan metode accidental sampling, serta untuk menentukan jumlah sampel digunakan rumus Tabachnick dan Fidell sehingga menghasilkan 107 responden yang akan menjadi sampel. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa manfaat dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking. Sedangkan kemudahan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking. Kemudian dari hasil uji statistik f menunjukkan bahwa manfaat, kemudahan, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking. Adjusted R Square menunjukkan bahwa variabel independen dapat mempengaruhi variabel dependen sebesar 68% sedangkan 32% dipengaruhi oleh variabel independen lain diluar penelitian.
    Kata Kunci : minat nasabah menggunakan mobile banking, manfaat, kemudahan, kepercayaan
    vii
    ABSTRACT
    Fifi Tryana Sagita, 2021 "The Effect of Benefits, Convenience, and Trust on Customer Interests Using Mobile Banking Services at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk KCP Sei Pinang Dalam. Under the guidance of Mrs. Dr. Rafiqoh, S.E., M.M. as The First Supervisor and Mr. H. Ibrahim MS, S.E., M.Bus. as a Second Supervisory Lecturer. This study aims to determine the Effect of Benefits, Ease, and Trust on Customer Interests Using Mobile Banking Services at PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk KCP Sei Pinang Dalam. The population used in this study is BRI KCP Sei Pinang Dalam customers who use mobile banking services. And for the purposes of research, the sample was selected using accidental sampling method, as well as to determine the number of samples used tabachnick and Fidell formula so as to produce 107 respondents who will be samples. This study was conducted using multiple regression analysis techniques with validity test, reliability test, t test, f test, and determination coefficient. Data collection is done by disseminating questionnaires to respondents. From the results of statistical tests t shows that benefits and trust have a positive and significant effect on customer interest using mobile banking services. While the ease does not have a positive and significant effect on the interest of customers using mobile banking services. Then from the results of statistical test f shows that the benefits, convenience, and trust have a positive and significant effect together on the interests of customers using mobile banking services. Adjusted R Square shows that independent variables can affect dependent variables by 68% while 32% are influenced by other independent variables outside of research.
    Keywords: customer interest using mobile banking, benefits, convenience, trust