Skripsi
#13690
SKRIPSI/AK.Keuangan dan Perbankan 030 RIA a 2021 ISBN:17 661 061

Subjects:Akuntansi keuangan dan perbankan Penelitian

    ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENABUNG MASYARAKAT PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU LOA JANAN --

    Ria Anjelina Timbayo / / /
    Samarinda 2021
    20 hlm;ilus;25 cm. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Ria Anjelina Timbayo, 2021, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Masyarakat Pada PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Loa Janan”. Jurusan Akuntansi, Program Studi Keuangan dan Perbankan (S1 Terapan). Di bawah bimbingan Bapak H. Mat Juri, S.E.,M.M., selaku Dosen Pembimbing pertama dan Bapak Chottam, S.E., M.Si., selaku Dosen Pembimbing kedua.
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Loa Janan dan membuktikan pengaruh parsial dan simultan dari variabel-variabel yang diteliti. Penelitian ini menggunakan 3 variabel Independen yaitu Kualitas Pelayanan, Promosi dan Lokasi. Sementara itu, untuk variabel dependen yaitu minat masyarakat menabung. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, uji T, uji F dan uji koefisien determinasi(R2). Objek dalam penelitian ini adalah calon nasabah Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Loa Janan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui kuisioner. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Hasil menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (0,032 < 0,5) dan lokasi (0,000 < 0,5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Loa Janan, sedangkan variabel promosi (0,518 > 0,5) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat menabung pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Loa Janan.
    Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Promosi, Lokasi dan Minat Masyarakat Menabung
    xv
    ABSTRACT
    Ria Anjelina Timbayo, 2021, "Analysis of Factors Affecting Public Interest in Savings at PT Bank Rakyat Indonesia Loa Janan Sub-Branch Office". Accounting Department, Finance and Banking Study Program (Applied S1). Under the guidance of Mr. H. Mat Juri, S.E., M.M., as the first Advisor and Mr. Chottam, S.E., M.Si., as the second Advisor.
    The purpose of this study was to determine the analysis of factors that influence customer interest in saving at PT. Bank Rakyat Indonesia Loa Janan Sub-Branch Office and prove the partial and simultaneous effect of the variables studied. This study uses 3 independent variables, namely Service Quality, Promotion and Location. Meanwhile, the dependent variable is people's interest in saving. The method used to test the hypothesis is the validity test, reliability test, multiple linear regression analysis, T test, F test and test the coefficient of determination (R2). The object of this research is the prospective customer of Bank Rakyat Indonesia Loa Janan Sub-Branch Office. The data used are primary data obtained directly through questionnaires. The research sample amounted to 100 respondents. The results show that service quality (0.032 < 0.5) and location (0.000 < 0.5) have a positive and significant effect on people's interest in saving at PT. Bank Rakyat Indonesia Loa Janan Sub-Branch Office, while the promotion variable (0.518 > 0.5) had no significant effect on people's interest in saving at PT. Bank Rakyat Indonesia Loa Janan Sub-Branch Office.
    Keywords: Service Quality, Promotion, Location and Community Interest in Savings