Skripsi
#13680
SKRIPSI/AK.Keuangan dan Perbankan 019 ELI p 2021 ISBN:17 661 038

Subjects:Akuntansi keuangan dan perbankan Penelitian

    PENGARUH MANFAAT, KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN DAN KENYAMANAN TERHADAP SIKAP PENGGUNAAN LAYANAN MOBILE BANKING PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG TENGGARONG PADA TAHUN 2021 --

    Eliezer Neovand / / /
    Samarinda 2021
    xii;41 h; CD; 21 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Eliezer Neovand, 2021 “Pengaruh Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Sikap Penggunaan Layanan Mobile Banking Pada PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Tenggarong Tahun 2021”Jurusan Akuntansi, Program Studi Keuangan dan Perbankan, Politeknik Negeri Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Marwanto, S.E., M.Si., Ak, selaku Dosen Pembimbing pertama dan Bapak Fatahul Rahman, S.E., M.Si., Ak., CA selaku Dosen Pembimbing kedua.
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manfaat, kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan kenyamanan terhadap sikap penggunaan mobile banking oleh Nasabah PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Tenggarong. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada masyarakat Tenggarong dengan jumlah sampel sebesar 100 responden menggunakan teknik Accidental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur dengan Skala Likert. Metode analisis data diuji dengan Statistical Product And Service Solution (SPSS). Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji linieritas, analisis regresi linear berganda, uji F, uji t, dan uji R2. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel manfaat dan kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan masyarakat Tenggarong menggunakan mobile banking. Sedangkan variabel kepercayaan dan kenyamanan tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan masyarakat Tenggarong menggunakan mobile banking. Hasil pengujian secara simultan adalah variabel manfaat, kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan kenyamanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan masyarakat Tenggarong menggunakan mobile banking.
    Kata kunci : Manfaat, kemudahan, kepercayaan, kenyamanan, sikap, layanan, mobile banking.
    vii
    ABSTRACT
    Eliezer Neovand, 2021 "The Influence of Benefits, Ease of Use, Trust and Convenience on Attitudes to Use Mobile Banking Services at PT Bank Rakyat Indonesia Tenggarong Branch Office in 2021" Department of Accounting, Finance and Banking Study Program, Samarinda State Polytechnic. Under the guidance of Mr. Marwanto, S.E., M.Si., Ak, as the first Supervisor and Mr. Fatahul Rahman, S.E., M.Sc., Ak., CA as the second Supervisor.
    This study aims to determine the effect of benefits, ease of use, trust and convenience on the attitude of using Mobile Banking by customer of PT Bank Rakyat Indonesia Tengarong Branch. This study is a quantitative study with primary data obtained from distributing questionnaires to the Tenggarong community with a sample of 100 respondents using the Accidental Sampling technique. The data collection method used a questionnaire which was measured by a Likert Scale. The data analysis method was tested with Statistical Product And Service Solution (SPSS). The analytical tools used are validity test, reliability test, normality test, multicollinearity test, linearity test, multiple linear regression analysis, F test, t test, and R2 test. The results of the study partially show that the benefits and ease of use variables have a significant effect on the attitude of using the Tenggarong community to use mobile banking. While the variables of trust and convenience do not have a significant effect on the attitude of using the Tenggarong community using mobile banking. The results of the simultaneous test are that the variables benefits, ease of use, trust, and convenience together have a significant effect on the attitude of using the Tenggarong community to use mobile banking.
    Keywords: Benefits, ease, trustworthiness, convenience, attitude, mobile banking, services
    viii