Skripsi
#13454
SKR/TE 012 MUH r 2020 ISBN: 16 642 043

Subjects:Teknik Elektro PENGEREMAN MOTOR

    RANCANG BANGUN PENGEREMAN MOTOR DIRECT CURRENT PADA MOBIL LISTRIK --

    MUHAMMAD ALI FAISAL FADHILAH / / /
    Samarinda 2020
    xviii; 72 h; ilus; 23 cm Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Muhammad Ali Faisal Fadhilah
    Pembimbing :
    16642 043
    ?. Ir. Cornelius Sarri, MT
    Program Studi Teknik Listrik S1-Terapan
    ?. Ir, H. Masing, MT
    Rancang Bangun Pengereman Motor Direct Current Pada Mobil Listrik Abstrak,Skripsi ini bertujuan untuk merancang bangun dan menguji sistem pengereman pada mobil listrik yang menggunakan motor brushed direct current (DC) sebagai penggeraknya. Pada skripsi ini menggabungkan dua macam teknik pengereman, yaitu pengereman dinamik dan hidrolik untuk mengatasi kekurangan-kekurangan pada metode pengereman elektris.Hanya dengan memainkan urutan pensaklaran pada rangkaian elektrik, serta dapat mewujudkan torsi pengereman sesuai dengan keinginan pengendara sampai kendaraan berhenti. Tentu saja metode ini akan menjamin kenyamanan pengendara. Hasil percobaan menunjukkan bahwa semakin kecil tahanan pada pedal rem semakin cepat pula waktu pengereman mobil listrik. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan tiga cara. Pada cara pertama dan kedua, mobil diuji secara stasioner di Laboratorium Listrik Dasar, dimana mobil diganjal pada bagian bawahnya, sehingga roda yang digerakkan dapat berputar. Pada pengujian pertama, motor tidak diberi beban dengan kecepatan 3000 rpm tahanan tertinggi 365 ? didapat waktu pengereman 3.13 detik tahanan terrendah 60 ? didapat waktu pengereman 1.61 detik. Pada pengujian kedua, beban motor adalah roda dan rantai dengan kecepatan 9 m/s tahanan tertinggi 365 ? didapat waktu pengereman 5.54 detik tahanan terendah 60 ? didapat waktu pengereman 3.336 detik. Untuk cara ketiga, mobil diuji saat dijalankan di area kampus Politeknik dengan menggunakan tiga jenis nilai tahanan yaitu 90 ?, 70 ?, dan 50 ?.
    Kata Kunci : Pengereman Motor Direct Current, Motor Brushed Direct Current, Pengereman Dinamik, Mobil Listrik
    viii
    ABSTRACT
    Muhammad Ali Faisal Fadhilah
    Supervisors :
    16642 043
    ?. Ir. Cornelius Sarri, MT
    Program Studi Teknik Listrik S1-Terapan
    ?. Ir, H. Masing, MT
    Design Of Direct Current Braking In An Electric Car Abstract,This thesis aims to design and test the braking system in an electric car that uses a brushed direct current (DC) motor as its driving force. This thesis combines two kinds of braking techniques, namely dynamic and hydraulic braking to overcome the deficiencies of the electric braking method. Only by playing the sequence of switching on the circuit electric, you can realize the braking torque according to the driver's desire until the vehicle stops. Of course this method will ensure the comfort of the rider. The experimental results show that the smaller the resistance on the brake pedal, the faster the braking time of an electric car. Based on the results of testing carried out in three ways. In the first and second methods, the car is tested stationary in the Basic Electrical Laboratory, where the car is propped up at the bottom, so that the driven wheels can rotate. In the first test, the motor is not given a load with a speed of 3000 rpm, the highest resistance is 365 ?, the braking time is 3.13 seconds, the lowest resistance is 60 ?, the braking time is 1.61 seconds. In the second test, the motor load is wheels and chains with a speed of 9 m / s, the highest resistance is 365 ?, the braking time is 5.54 seconds, the lowest resistance is 60 ?, the braking time is 3.336 seconds. For the third method, the car is tested when it is run on the Polytechnic campus area using three types of resistance values, namely 90 ?, 70 ?, and 50 ?. Keywords:Motor Braking Direct Current,Motor Brushed Direct Current, Dynamic Braking, Electric Car