Final_Project
#13391
TA/AB 060 RIS i 2020 ISBN:16622070

Subjects:Administrasi Bisnis KEPUASAN MASYARAKAT; PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR

    INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DI DESA PERBATASAN KECAMATAN LONG APARI KABUPATEN MAHAKAM ULU --Ed. 1

    Riski Gunawan / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2020
    xii; 89 hlm.; 21x29 cm.; ilus.; CD. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Penelitian ini dilator belakangi oleh masyarakat yang kurang puas terhadap pemenuhan persyaratan, sistem, mekanisme, dan prosedur serta waktu penyelesaian pembangunan infrastruktur, kurangnya kepuasan masyarakat terhadap produk spesifikasi pembangunan infrastruktur dan rendahnya kepuasan masyarakat terhadap kompetensi pelaksana pembangunan infrastruktur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
    1) Bagaimana indeks kepuasan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu?
    2) Apa hambatan-hambatan dalam meningkatkan indeks kepuasan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu?
    3) Bagaimana upaya-upaya dalam meningkatkan indeks kepuasan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 10 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification (verifikasi data). Berdasarkan hasil penelitian bahwa:
    1) Indeks kepuasan masyarakat dalam pembangunan infrastruktur di Kecamatan Long Apari Kabupaten Mahakam Ulu secara umum masih rendah.
    2) Hambatan-hambatan yang dihadapi berupa belum lengkapnya RAB dan tidak adanya pedoman pelaksanaan pembangunan, rendahnya sumber daya manusia, kurang dipahaminya SOP yang telah ditetapkan sebagai acuan dalam melaksanakan pekerjaan, masih rendahnya sikap kesunggunan pelaksana yang masih rendah, pengalaman yang masih minim dan keterbatasan sumber anggaran yang dimiliki pemerintah desa.
    3) Upaya-upaya yang dilakukan yaitu upaya pemenuhan persyaratan dokumen dengan menyusun dan melengkapi RAB, menyediakan pedoman serta petunjuk pelaksanaan pembangunan, upaya mengoptimalkan sistem, mekanisme dan prosedur, meningkatkan pemahaman tentang SOP dan menambah jumlah anggaran, meningkatkan kualitas SDM dan meningkatkan sikap, upaya meningkatkan kompetensi, upaya meningkatkan perilaku pelaksana dan upaya menambah dan melengkapi sarana dan prasarana dengan menambah alokasi anggaran pemerintah desa.
    Kata Kunci :Indeks Kepuasan Masyarakat, Pembangunan Infranstruktur di desa perbatasan kecamatan long apari kabupaten Mahakam ulu