#13382
TA/AB 051 DWI s 2020 ISBN:17622002
Subjects:Administrasi Bisnis PENERAPAN SOP; SURAT MASUK
STUDI PENERAPAN SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) SURAT MASUK PADA BAGIAN KEPEGAWAIAN KANTOR DISTRIK NAVIGASI KELAS I SAMARINDA --Ed. 1
Dwi Forestryana / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2020
xiv; 81 hlm.; 21x29 cm.; ilus.; CD. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Dwi Forestryana, tahun 2020 dengan judul Studi Penerapan SOP
(Standard Operating Procedur) Surat Masuk Pada Bagian Kepegawaian
Kantor Distrik Navigasi Kelas I Samarinda. Tugas Akhir, Jurusan Administrasi
Bisnis, Program Studi D-III Administrasi Bisnis , Politeknik Negeri Samarinda.
Dibimbing oleh Ahyar Muhammad Diah SE, MM, PhD dan Drs. Muchtar Sehe
M,Si.
SOP merupakan serangkaian instruksi tertulis yang dilakukan sebagai
proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan. Surat merupakan salah satu
media komunikasi tertulis antara seseorang atau lembaga dengan seseorang atau
lembaga lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan SOP Surat
Masuk dan Surat Keluar pada bagian Kepegawaian Kantor Distrik Navigasi Kelas
I samarinda. Jenis pengamatan yang dugunakan adalah pengamatan deskriptif dan
analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Wawancara, Observasi
dan Studi Pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SOP Surat
Masuk dan Surat Keluar Pada Bagian Kepegawaian Kantor Distrik Navigasi Kelas
I Samarinda telah sesuai dengan aturan dan perundang-undangan didalamnya
sehingga dapat mempermdah surat menyurat saat dibutuhkan.
Kata Kunci: SOP (Standard Operating Procedure), Surat Masuk, Surat Keluarvi
ABSTRAC
Dwi Forestryana, in 2020 with the title Study of the Application of SOP
(Standard Operating Procedure) for Entry Letter to the Personnel Section of
the Class I Navigation District Office in Samarinda. Final Project, Department
of Business Administration, D-III Business Administration Study Program,
Samarinda State Polytechnic. Supervised by Ahyar Muhammad Diah SE, MM, PhD
and Drs. Muchtar Sehe M, Si.
SOPs are a series of written instructions that are carried out as a process of
administering government administration. A letter is a written communication
medium between a person or institution and another person or institution. This study
aims to determine the application of the SOP for incoming and outgoing letters in
the Class I Navigation District Office in Samarinda. The types of observations used
are descriptive and analytic observations. Data collection techniques were carried
out by means of interviews, observations and literature studies. The results of this
study indicate that the application of SOP for Incoming and Outgoing Letters in the
Personnel Section of the Class I Navigation District Office in Samarinda is in
accordance with the rules and regulations therein so that it can simplify
correspondence when needed.
Keywords: SOP (Standard Operating Procedure), Incoming Mail,