Final_Project
#11901
TA/TE 039 MUH s 2019 ISBN:15 612 072

Subjects:Teknik Elektro Teknik Elektro

    STUDI TENTANG PENGISIAN BATERAI PADA SISTEM KELISTRIKAN DI ANJUNGAN MWP-A DAERAH OPERASI PERTAMINA HULU MAHAKAM --Ed. 1

    MUHAMMAD RISKI WAHYU ANANDA USMAN / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
    xiii; 50 hlm.; 29x21 cm.; CD Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    RISKI. Studi Tentang Pengisian Baterai Pada Sistem Kelistrikan di Anjungan MWP-A
    daerah operasi Pertamina Hulu Mahakam (dibimbing oleh Rusdiansyah dan Verra
    Aullia).
    Baterai dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu baterai basah dan baterai kering
    atau dapat diisi ulang dan tidak dapat diisi ulang. Pengisi baterai adalah rangkaian
    elektronika yang digunakan untuk mengisi baterai. Pada anjungan MWP-A daerah
    operasi Pertamina Hulu Mahakam, baterai digunakan sebagai daya listrik cadangan
    untuk sumur penghasil gas. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui sistem
    pengisian baterai di anjungan MWP-A.
    Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, wawancara dengan
    teknisi setempat dan observasi dilapangan untuk sistem yang digunakan. Sehingga
    didapatkan hasil bahwa kerusakan baterai kemungkinan karena kelebihan tegangan
    pengisian, yang disebabkan oleh pengisi baterai dan THEG (Thermo Electric
    Generator). Peralatan kelistrikan yang ada di MWP-A adalah generator, THEG, pengisi
    baterai, dan baterai.
    Kata Kunci: Pengisi baterai, THEG, dan Baterai

    ABSTRACT
    RISKI. Study of battery charging in the electrical system in the MWP-A bridge in the
    Pertamina Hulu Mahakam operational area (Supervised by Rusdiansyah, ST., MT and
    Hj. Verra Aullia, ST)
    Batteries can be divided into two types, namely wet batteries and dry batteries
    or can be recharged and cannot be recharged. A battery charger is a series of
    electronics used to charge a battery. In the MWP-A platform in the Pertamina Hulu
    Mahakam operational area, batteries are used as backup electricity for gas-producing
    wells. The purpose of this paper is to find out the battery charging system on the MWPA
    platform.
    The method of data collection is done by literature study, interviews with local
    technicians and field observations for the system used. So that the results obtained that
    the battery damage is likely due to excess charging voltage, which is caused by the
    battery charger and THEG (Thermo Electric Generator). The electrical equipment in
    MWP-A is a generator, THEG, battery charger, and battery.
    Keywords: Battery charger, THEG, and Battery