Skripsi
#11643
SKR/MULTIMEDIA 026 RIK s 2019 ISBN:15665020

Subjects:Teknik Informatika Multimedia Teknik Informatika Multimedia

    SENTIMEN ANALISIS PADA MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMILU MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES --Ed. 1

    RIKI ADITIA IMAWAN SUSANTO / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
    x; 38 hlm.; 21x29 cm. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Pemilihan Umum adalah proses untuk memilih orang untuk mengisi suatu jabatanjabatan politik tertentu yang beraneka ragam. Pemilihan Umum pada suatu negara
    biasanya diselenggarakan secara periodik dimana negara tersebut menganut sistem
    demokrasi. Indonesia adalah salah satu negara yang menganut sistem demokrasi ,
    Perkembangan penggunaan Media Sosial sangat cepat. Saat ini telah banyak media sosial
    yang sangat memberikan pengaruh besar. Akibatnya, masyarakat telah mengalami
    perubahan budaya, etika, norma dan juga pola pikir yang lebih kritis dalam menaggapi
    kondisi yang ada. Media sosial kini makin mudah digunakan oleh semua kalangan, dari
    yang awalnya hanya orang kecil menjadi orang sukses dan terkenal karena Media Sosial.
    Analisis sentimen adalah ilmu yang berguna untuk menganalisis pendapat, sentimen, dan
    emosi seseorang yang diekspresikan dalam teks. Dalam penelitian ini metode Naïve
    Bayes dapat diterapkan pada klasifikasi opini positif, negatif, dan netral . Pada penilitian
    ini dari 50 data latih dan 10 data uji didapatkan akurasi sebesar 90%. Dan diperoleh hasil
    presentase sentiment positif sebesar 50% , negatif 20% , netral 10%. Lebih banyak
    sentiment positif yang di dapat.
    Kata kunci : Pemilihan Umum, Media Sosial, Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifie
    ABSTRACT
    Election is the process of selecting people to fill a variety of political positions that are
    diverse. Elections in a Country Usually held in which country adheres to a democratic
    system. Indonesia is one country that adheres to a democratic system, the development
    of the use of social media is very fast. Nowadays it has a lot of social media which is very
    influential. Towards, the community has changed the culture, ethics, norms and also a
    more critical mindset in responding to existing conditions. Social Media is now
    increasingly easy to use by all groups, from the beginning only a small person to a
    successful person and famous for Social Media. Sentiment analysis is a science that is
    useful for analyzing the opinions, sentiments, and analysis of someone expressed in the
    text. In this study the Naïve Bayes method can be applied to the classification of positive,
    negative, and neutral opinions. In this study of 50 training data and 10 test data obtained
    by testing by 90%. And the results obtained positive sentiment percentage of 50%,
    negative 20%, neutral 10%. More positive sentiments can.
    Keywords: General Election, Social Media, Sentiment Analysis, Naïve Bayes Classifier