#11505
SKR/TS 017 SOP p 2019 ISBN:15 643 004
Subjects:Teknik Sipil/Rekayasa Jalan dan Jembatan Teknik Sipil/Rekayasa Jalan dan Jembatan
Pengaruh Penggunaan Getah Karet Terhadap Stabilitas Marshall pada Campuran Asphalt Concrete – Base (AC-Base) --Ed. 1
Sopia Ayu Lestari / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
xv; 70 hlm.; 21x29 cm. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Perkerasan lentur (flexible pavement) adalah perkerasan yang menggunakan aspal
sebagai bahan pengikat. Jenis aspal yang digunakan pada umumnya adalah Asphalt
Concrete (AC). Namun perkerasan AC cukup peka terhadap retak dan pelepasan butir.
Untuk mengatasi permasalahan di atas, perlu dilakukan peningkatan kualitas campuran
aspal, salah satunya dengan memberi bahan tambah pada aspal atau bisa disebut dengan
aspal modifikasi. Dalam penelitian ini dicoba mencampur antara campuran AC-Base
dengan bahan tambah getah karet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
stabilitas Marshall pada campuran Asphalt Concrete-Base (AC-Base) dengan
penambahan getah karet.
Pada penelitian ini dibuat benda uji Marshall dengan variasi getah karet 0%, 2%, 4%,
dan 6% terhadap berat aspal serta kadar aspal yang direncanakan adalah 4%, 4,5%, 5%,
5,5% dan 6% yang kemudian akan diketahui kadar aspal optimum, stabilitas, flow, VIM,
VMA, VFA dan MQ pada campuran AC-Base.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penambahan getah karet menurunkan kadar aspal
optimum dan meningkatkan stabilitas. Dengan stabilitas tertinggi terjadi pada
penambahan getah karet sebesar 4% dengan nilai kadar aspal optimum 5,063% dan
stabilitas secara grafis sebesar 3.180 kg kg dan pada kondisi aktual 3.222,70 kg. hasil
penelitian menunukkan bahwa campuran AC-Base dengan penambahan getah karet
memenuhi persyaratan.
Kata Kunci : Asphalt Concrete – Base, AC-Base, Getah Karet, Marshall, Kadar Aspal Optimum
ABSTRACT
Flexible pavement is pavement that uses asphalt as a binding agent. The type of
asphalt used in general is Asphalt Concrete (AC). However, AC pavement is quite
sensitive to cracking and release of grains. To overcome the above problems, it is
necessary to improve the quality of the asphalt mixture, one of which is by adding
ingredients to asphalt or can be called as modified asphalt. In this study a mixture
of AC-Base was mixed with rubber latex added ingredients. The purpose of this study
was to improve Marshall stability in Asphalt Concrete-Base (AC-Base) mixtures
with the addition of rubber latex.
In this study Marshall test specimens were made with variation of rubber latex 0%,
2%, 4%, and 6% to the weight of asphalt and the planned asphalt content was 4%,
4.5%, 5%, 5.5% and 6% which will then be known as optimum asphalt content,
stability, flow, VIM, VMA, VFA and MQ in the AC-Base mixture.
Based on the results of the study obtained the addition of rubber latex reduces the
optimum asphalt levels and increases stability. With the highest stability, the
addition of rubber latex was 4% with optimum bitumen content value of 5.063% and
graphically stability of 3,180 kg kg and in actual conditions 3222.70 kg. the results
showed that the AC-Base mixture with the addition of rubber latex fulfilled the
requirements.
Keywords: Asphalt Concrete - Base, AC-Base, Rubber Gum, Marshall, Optimum
Asphalt Levels