Skripsi
#11505
SKR/TS 017 SOP p 2019 ISBN:15 643 004

Subjects:Teknik Sipil/Rekayasa Jalan dan Jembatan Teknik Sipil/Rekayasa Jalan dan Jembatan

    Pengaruh Penggunaan Getah Karet Terhadap Stabilitas Marshall pada Campuran Asphalt Concrete – Base (AC-Base) --Ed. 1

    Sopia Ayu Lestari / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
    xv; 70 hlm.; 21x29 cm. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Perkerasan lentur (flexible pavement) adalah perkerasan yang menggunakan aspal
    sebagai bahan pengikat. Jenis aspal yang digunakan pada umumnya adalah Asphalt
    Concrete (AC). Namun perkerasan AC cukup peka terhadap retak dan pelepasan butir.
    Untuk mengatasi permasalahan di atas, perlu dilakukan peningkatan kualitas campuran
    aspal, salah satunya dengan memberi bahan tambah pada aspal atau bisa disebut dengan
    aspal modifikasi. Dalam penelitian ini dicoba mencampur antara campuran AC-Base
    dengan bahan tambah getah karet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan
    stabilitas Marshall pada campuran Asphalt Concrete-Base (AC-Base) dengan
    penambahan getah karet.
    Pada penelitian ini dibuat benda uji Marshall dengan variasi getah karet 0%, 2%, 4%,
    dan 6% terhadap berat aspal serta kadar aspal yang direncanakan adalah 4%, 4,5%, 5%,
    5,5% dan 6% yang kemudian akan diketahui kadar aspal optimum, stabilitas, flow, VIM,
    VMA, VFA dan MQ pada campuran AC-Base.
    Berdasarkan hasil penelitian diperoleh penambahan getah karet menurunkan kadar aspal
    optimum dan meningkatkan stabilitas. Dengan stabilitas tertinggi terjadi pada
    penambahan getah karet sebesar 4% dengan nilai kadar aspal optimum 5,063% dan
    stabilitas secara grafis sebesar 3.180 kg kg dan pada kondisi aktual 3.222,70 kg. hasil
    penelitian menunukkan bahwa campuran AC-Base dengan penambahan getah karet
    memenuhi persyaratan.
    Kata Kunci : Asphalt Concrete – Base, AC-Base, Getah Karet, Marshall, Kadar Aspal Optimum
    ABSTRACT
    Flexible pavement is pavement that uses asphalt as a binding agent. The type of
    asphalt used in general is Asphalt Concrete (AC). However, AC pavement is quite
    sensitive to cracking and release of grains. To overcome the above problems, it is
    necessary to improve the quality of the asphalt mixture, one of which is by adding
    ingredients to asphalt or can be called as modified asphalt. In this study a mixture
    of AC-Base was mixed with rubber latex added ingredients. The purpose of this study
    was to improve Marshall stability in Asphalt Concrete-Base (AC-Base) mixtures
    with the addition of rubber latex.
    In this study Marshall test specimens were made with variation of rubber latex 0%,
    2%, 4%, and 6% to the weight of asphalt and the planned asphalt content was 4%,
    4.5%, 5%, 5.5% and 6% which will then be known as optimum asphalt content,
    stability, flow, VIM, VMA, VFA and MQ in the AC-Base mixture.
    Based on the results of the study obtained the addition of rubber latex reduces the
    optimum asphalt levels and increases stability. With the highest stability, the
    addition of rubber latex was 4% with optimum bitumen content value of 5.063% and
    graphically stability of 3,180 kg kg and in actual conditions 3222.70 kg. the results
    showed that the AC-Base mixture with the addition of rubber latex fulfilled the
    requirements.
    Keywords: Asphalt Concrete - Base, AC-Base, Rubber Gum, Marshall, Optimum
    Asphalt Levels