#11501
SKR/TS 013 ILH e 2019 ISBN:15643022
Subjects:Teknik Sipil/Rekayasa Jalan dan Jembatan Teknik Sipil/Rekayasa Jalan dan Jembatan
Evaluasi Struktur Jembatan Overpass Pada STA 11+460 Segmen 3 Pada Ruas Jalan Tol Balikpapan-Samarinda --Ed. 1
Ilham Prabowo Asita / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
xxi; 156 hlm.; 21x29 cm. Bahasa:Ind
ABSTRACT
An evaluation of the overpass bridge structure is carried out to ensure the performance
of the overpass bridge structure which is actually located on the BalikpapanSamarinda toll road segment 3 STA 11 + 460. The evaluation referred to in the form
of a study of the strength of the structure in the implementation of development that
has been carried out, consisting of PC-I girder, pillars, and foundations. This
evaluation aims to determine the initial stresses and the final stresses that occur in PCI girde, rolling and sliding stability of the pillars, the carrying capacity of the overpass
bridge pile foundation. Standard loading on structure refers to RSNI T-02-2005. The
calculation results show that the girder portion of the final condition has a value of -
20700.54 kPa smaller than the permit voltage of -23094 kPa, the pillar of the safety
factor that occurs is greater than the safety factor of the permit, and the bridge
foundation overpasses the load that occurs smaller than the load his permission. It was
concluded that overall the overpass bridge was still within safe limits in terms of its
structure, was very sturdy and was also suitable for use.
Keywords: Overpass bridge, PC-I girder, pillars, pile foundations
ABSTRAK
Evaluasi struktur jembatan overpass dilakukan untuk memastikan kinerja dari
struktur jembatan overpass yang sebenarnya terletak pada ruas jalan tol BalikpapanSamarinda segmen 3 STA 11+460. Evaluasi yang dimaksud berupa kajian kekuatan
struktur pada pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan, terdiri dari PC-I
girder, pilar, serta pondasi. Evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui tegangan awal
dan tegangan akhir yang terjadi pada PC-I girde, stabilitas guling dan geser pada
pilar, kapasitas dukung pondasi tiang pancang jembatan overpass. Standar
pembebanan pada struktur mengacu pada RSNI T-02-2005. Hasil perhitungan
menunjukkan bahwa bagian girder tegangan kondisi akhir memiliki nilai -20700,54
kPa lebih kecil dari tegangan ijin -23094 kPa, pada bagian pilar safety factor yang terjadi
lebih besar dari safety factor ijinnya, dan pondasi jembatan overpass beban yang terjadi
lebih kecil dari beban ijinnya. Disimpulkan bahwa secara keseluruhan jembatan overpass
masih dalam batas aman dari segi strukturnya, sangat kokoh dan juga layak untuk
digunakan.
Kata kunci : Jembatan overpass, PC-I girder, pilar, pondasi tiang pancang.