Final_Project
#11411
TA/TS 017 DAF r 2019 ISBN:16 613 027

Subjects:Teknik Sipil Teknik Sipil

    "Rancangan Ashpulr Concrete - Bmder Course Menggunakan Batu Laterit Kombinasi Pasir Mahakam" --Ed. 1

    Dafa Akhdil Ramadhan Ismail / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
    xix; 88 hlm.; 21x29 cm. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Lapis aspal beton (LASTON) merupakan suatu lapisan pada konstruksi jalan raya yang
    terdiri dari campuran aspal keras dan agregat yang bergradasi menerus, dicampur,
    dihampar dan dimampatkan dalam keadaan panas pada suhu tertentu. Pada saat ini
    kebutuhan akan jalan raya semakin meningkat sehingga diperlukan kualitas perkerasan
    yang baik. Oleh karena itu, penggunaan bahan tambah menjadi salah satu alternatif.
    Salah satunya penggunaan batu laterit kombinasi pasir mahakam sebagai bahan
    campuran yang diharapkan dapat meningkatakan kualitas beton aspal. Pada penelitian
    ini yang ditinjau adalah karakteristik Marshall yang meliputi Stabilitas, Flow, VIM,
    VMA, dan Marshall Qountient. Variasi gradasi batu laterit yang digunakan adalah
    gradasi A, gradasi B, gradasi C, gradasi D, dan gradasi E. Dari hasil penelitian yang
    dilakukan dengan menggunakan metode Marshall diperoleh kadar aspal optimum
    (KAO) pada gradasi A = 6.1%, gradasi B = 5.8%, gradasi C = 5.8%, gradasi D = 5.85%,
    dan gradasi E = 6.13%.
    Kata kunci : Laston, Batu Laterit, Pasir Mahakam, Karakteristik Marshall
    ABSTRACT
    The Asphalt Concrete (LASTON) is a layer road construction which consists of a
    mixture of hard asphalt and aggregate are graded continuous, mixed, spread and
    compressed in hot conditions at a given temperature. At this time the need for increased
    highway pavement so that the required quality is good. Therefore, the use of added
    ingredients (additives) be an alternative. One of them is use of laterite stone combine
    with Mahakam sand as the mix material which expected to improve the qua;ity of
    asphalt concrete. In this study, which looked at are the characteristics that includes
    Marshall stability, flow, VIM, VMA, Marshall Qountient. The gradation variation of the
    laterite used is gradation A, gradation B, gradation C, gradation D, and gradation E.
    From the result of research conducted using the Marshall method obtained optimum
    asphalt content (KAO) in gradation A = 6.1%, gradation B = 5.8%, gradation C =
    5.8%, gradation D = 5.85%, and gradation E = 6.13%.
    Keyword : Laston, Laterite Stone, Mahakam Sand, Marshall Characteristics