#10802
SKR/MANAJEMEN PEMASARAN 033 NUR a 2019 ISBN: 15 652 050
Subjects:Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran
Analisis Pengaruh Social Influence, Consumer Innovativeness dan Compatibility Terhadap Trust Dan Attitude (Toward Using) serta Intention To Use Pada Pengguna Aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur --Ed. 1
Nurmala / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
xiv; 157 hlm.; 21x28 cm.; Bahasa:Ind
RINGKASAN
ANALISIS PENGARUH SOCIAL INFLUENCE, CONSUMER INNOVATIVENESS,
DAN COMPATIBILITY TERHADAP ATTITUDE (Toward Using) DAN TRUST
SERTA INTENTION TO USE PADA PENGGUNA APLIKASI TRAVELOKA DI
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Nurmala
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan
pengaruh Social Influence terhadap Trust pada pengguna aplikasi Traveloka di
Kalimantan Timur, pengaruh Consumer Innovativeness terhadap Trust pada
pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, pengaruh Compatibility
terhadap Trust pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, pengaruh
Social Influence terhadap Attitude (Toward Using) pada pengguna aplikasi
Traveloka di Kalimantan Timur, pengaruh Consumer Innovativeness terhadap
Attitude (Toward Using) pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur,
pengaruh Compatibility terhadap Attitude (Toward Using) pada pengguna aplikasi
Traveloka di Kalimantan Timur, pengaruh Trust terhadap Attitude (Toward Using)
pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, pengaruh Trust terhadap
Intention To Use pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur,
pengaruh Compatibility terhadap Intention To Use pada pengguna aplikasi
Traveloka di Kalimantan Timur, pengaruh Social Influence terhadap Intention To
Use pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, pengaruh Attitude
(Toward Using) pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, dan
pengaruh Consumer Innovativeness terhadap Intention To Use pada pengguna
aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur. Dan penelitian ini menggunakan metode
survei dengan sampel 147 yang tersebar di tiga wilayah kota yang ada di provinsi
Kalimantan Timur (Kalimantan Timur, Kota Bontang, dan Kota Balikpapan)
dengan teknik pengambilan sampel Accidental Sampling Methode. Responden
hanya diwawancarai satu kali ketika bertemu (cross section). Data dari
responden (Primary Data) kemudian ditabulasikan dan diuji menggunakan
metode statistik. Data dikumpulkan dengan menggunakan alat bantu penelitian
(kuisioner) yang telah diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil uji
tersebut seluruh instrumen pertanyaan penelitian dinyatakan valid (nilai koefisien >
0.30) dan dinyatakan reliabel (nilai alpa > 0.60). Hasil penelitian setelah dilakukan
uji statistik dengan alat bantu SEM-AMOS versi 5.0 menunjukan hasil sebagai
berikut Social Influence berpengaruh signifikan terhadap Trust pada pengguna
aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, Consumer Innovativeness berpengaruh
tidak signifikan terhadap Trust pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan
Timur, Compatibility berpengaruh signifikan terhadap Trust pada pengguna
aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, Social Influence berpengaruh tidak
signifikan terhadap Attitude (Toward Using) pada pengguna aplikasi Traveloka di
Kalimantan Timur, Consumer Innovativeness berpengaruh tidak signifikan
terhadap Attitude (Toward Using) pada pengguna aplikasi Traveloka di
Kalimantan Timur, Compatibility berpengaruh signifikan terhadap Attitude (Toward
Using) pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, Trust berpengaruh
signifikan terhadap Attitude (Toward Using) pada pengguna aplikasi Traveloka di
Kalimantan Timur, Trust berpengaruh tidak signifikan terhadap Intention To Use
pada pengguna aplikasi Traveloka divi
Kalimantan Timur, Compatiblity berpengaruh tidak signifikan terhadap Intention To
Use pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur, Social Influence
berpengaruh tidak signifikan terhadap Intention To Use pada pengguna aplikasi
Traveloka di Kalimantan Timur, Attitude (Toward Using) berpengaruh signifikan
terhadap Intention To Use pada pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur,
Consumer Innvativeness berpengaruh signifikan terhadap Intention To Use pada
pengguna aplikasi Traveloka di Kalimantan Timur.
Keyword: Social Influence, Consumer Innvativeness, Compatiblity, Trust, Attitude,
Intention To Us
ABSTRACT
The purpose of this study was to analyze and prove the influence of
Social Influence on Trust in Traveloka application users in East Kalimantan, the
influence of Consumer Innovativeness on Trust in Traveloka application users in
East Kalimantan, the influence of Compatibility on Trust in Traveloka application
users in East Kalimantan, the influence of Social Influence towards Attitude
(Toward Using) in Traveloka application users in East Kalimantan, the influence of
Consumer Innovativeness on Attitude (Toward Using) on Traveloka application
users in East Kalimantan, Compatibility effect on Attitude (Toward Using) on
Traveloka application users in East Kalimantan, Trust influence on Attitude
(Toward Using) on Traveloka application users in East Kalimantan, the influence of
Trust on Intention To Use on Traveloka application users in East Kalimantan, the
influence of Compatibility to Intention To Use on Traveloka application users in
East Kalimantan, the influence of Social Influence on Intention To Use on
Traveloka application users in East Kalimantan, the influence of Attitude (Toward
Using) on Traveloka application users in East Kalimantan, and the influence of
Consumer Innovativeness on Intention To Use for Traveloka application users in
East Kalimantan. And this study uses a survey method with 147 samples spread
across three urban areas in the province of East Kalimantan (Kalimantan Timur,
Kota Bontang, and Kota Balikpapan) with the sampling technique Accidental
Sampling Method. Respondents were only interviewed once when meeting (cross
section). Data from respondents (Primary Data) are then tabulated and tested
using statistical methods. Data is collected using research aids (questionnaires)
that have been tested for validity and reliability. From the results of the test all
instruments of the research question were declared valid (coefficient value> 0.30)
and stated reliably (negative value> 0.60). The results of the study after statistical
tests using SEM-AMOS version 5.0 showed that the following results Social
Influence had a significant effect on Trust in Traveloka application users in East
Kalimantan, Consumer Innovativeness had no significant effect on Trust in
Traveloka application users in East Kalimantan, Compatibility had a significant
effect towards Trust in Traveloka application users in East Kalimantan, Social
Influence has no significant effect on Attitude (Toward Using) on Traveloka
application users in East Kalimantan, Consumer Innovativeness has no significant
effect on Attitude (Toward Using) on Traveloka application users in East
Kalimantan, Compatibility influences significant to Attitude (Toward Using) in
Traveloka application users in East Kalimantan, Trust has a significant effect on
Attitude (Toward Using) in Traveloka application users in East Kalimantan, the
influence is not significant Regarding Intention To Use for Traveloka application
users in East Kalimantan, Compatiblity has no significant effect on Intention To Use
for Traveloka application users in East Kalimantan, Social Influence has no
significant effect on Intention To Use for Traveloka application users in East
Kalimantan, Attitude (Toward Using) (Toward Using ) has a significant effect on
Intention To Use for Traveloka application users in East Kalimantan, Consumer
Innativeness has a significant effect on Intention To Use for Traveloka application
users in East Kalimantan.
Keyword: Social Influence, Consumer Innvativeness, Compatiblity, Trust, Attitude
(Toward Using), Intention To Use