#10745
TA/DP 020 SOF d 2019 ISBN:16616029
Subjects:Desain Produk Desain Produk
DESAIN PERMAINAN ANAK-ANAK DENGAN TEMA HEWAN KHAS KALIMANTAN TIMUR --Ed. 1
Sofiawati / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
xiii; 124 hlm.; 21x28 cm. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Di zaman yang modern ini teknologi telah mengalami banyak perkembangan dan salah
satunya adalah telepon pintar. Telepon pintar yang ada sekarang ini sangat canggih dan
mudah digunakan sampai anak-anak yang masih berusia dini dapat mengunakannya.
Namun yang menjadi masalah adalah penggunaan telepon pintar pada anak-anak yang
menghambat perkembangan motorik kasar pada anak. Akibatnya adalah perkembangan
otak yang terlalu cepat namun tidak diikuti dengan perkembangan gerak tubuh pada
otot-otot besar anak. Hal tersebut menjadi tidak seimbang antara perkembangan otak
dan otot anak. Sehingga perlu dibuat produk dengan judul “Desain Permainan Anakanak dengan Tema Hewan Khas Kalimantan Timur”, produk yang dibuat adalah
mainan rocking horse yang telah mengalami inovasi pada bentuknya. Metode
perancangan yang digunakan adalah menurut Vinod Goel, yang diawali dengan
perumusan masalah, tinjauan pustaka serta analisis dan spesifikasi desain. Produk ini
dibuat sebagai salah satu cara alternatif yang dapat merangsang perkembangan motorik
kasar pada anak. Selain itu produk ini juga mengenalkan salah satu hewan khas
Kalimantan Timur kepada anak-anak sejak usia dini. Sehingga produk rocking horse ini
dibuat dengan konsep flat design, yang konsepnya mudah dikenali bagi anak-anak.
Kata kunci : Permainan, Anak-anak, Motorik, Rocking horse
ABSTRACT
In modern times this technology has developed rapidly and one of them is a
smartphone. Today's smart phones are very sophisticated and easy to use until children
can still be used early. But the problem is smart phones for children who use motor
skills in children. Related to brain development that is too fast but not followed by the
development of gestures in the large muscles of children. This becomes unbalanced
between the development of the brain and the muscles of the child. So the product needs
to be made with the title "Design of Children's Games with Typical East Kalimantan
Animal Themes", the product made is a rocking horse toy that has been innovated in
shape. The design method used is in accordance with Vinod Goel, which begins with
the formulation of the problem, discussion of literature and analysis and design
specifications. This product is made as an alternative way that can be used to develop
gross motor skills in children. In addition, this product also introduces one of the
typical East Kalimantan animals to children from an early age. For this rocking horse
product made with the concept of flat design, the concept is easily recognizable for
children.
Keywords: Games, Children, Motorics, Rocking horse