Final_Project
#10673
TA/DP 004 SIT d 2019 ISBN:16 616 038

Subjects:Desain Produk Desain Produk

    DESAIN SARANA EDUKASI UNTUK BELAJAR KOTA DAN FAUNA KHAS INDONESIA UNTUK ANAK USIA 7-12 TAHUN --Ed. 1

    ST. AISYAH RAHMAN / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
    xv; 131 hlm.; 21x28 cm. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Alat permainan edukatif (APE) adalah alat permainan yang dirancang untuk meningkatkan aspek perkembangan anak dengan cara menstimulasi kecerdasan yang dimiliki oleh anak agar dapat berkembang secara optimal. Alat permainan edukatif yang ada saat ini hanya memiliki bentuk yang lumrah kita temui seperti, balok dan lego. permasalahanya anak-anak saat ini menggemari permainan dalam bentuk digital, tanpa ada sentuhan edukasi didalam permainan tersebut, anak-anak hanya terpacu pada permainan online dari bermain permainan yang nyata dengan unsur permainan edukatif. Metode perencanaan dan perancangan yang diantaranya adalah pengumpulan data, konsep desain, alternatif desain hingga mencapai desain akhir, sehingga didapatkan hasil akhir desain edukasi peta belajar kota dan fauna khas Indonesia untuk anak usia 7-12 tahun, dan berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dengan usia 7-12 tahun. Dengan sistem yang menggunakan double track dibagian laci, sistem buka tutup dengan menggunakan engsel, dan sistem kuncian dengan menggunakan tiga kuncian, dengan finishing yang menggunakan hpl dan vernis kayu untuk bidak mainan dengan konsep minimalis yang mengkombinasikan warna coklat serta motif kayu. Maka hasil dari desain ini adalah alat permainan edukatif (APE) yang digemari oleh anak-anak dengan tema hewan khas Indonesia.
    Kata kunci : Hewan Endemik, Kota, Mainan Edukatif, Papan Permainan
    ABSTRACT
    Educational game tool (APE) is a game tool designed to improve aspects of child development by stimulating intelligence possessed by children in order to develop optimally. Educational educational tools that currently exist only have the normal form we encounter, such as beams and legos. the problem is that children are currently fond of games in digital form, without any educational touch in the game, children are only driven by online games from playing real games with educational play elements. Planning and design methods which include data collection, design concepts, alternative designs to achieve the final design, so that the final educational design map of Indonesian cities and fauna is obtained for children aged 7-12 years, and male and female with age of 7-12 years. With a system that uses double tracks in drawers, the system opens and closes using hinges, and a locking system using three locks, with finishing using hpl and wood varnish for pieces of toys with a minimalist concept that combines brown and wood motifs. So the result of this design is an educational game tool (APE) favored by children with a typical Indonesian animal theme. Keywords: Endemic Animals, Cities, Educational Toys, Board