Skripsi
#10669
TA/DP 001 NID s 2019 ISBN:16 616 026

Subjects:Desain Produk Desain Produk

    Sarana Belajar Pengenalan Nama Daerah Indonesia Untuk Anak TK --Ed. 1

    Ninda Mufidah Zahro / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
    xvii; 120 hlm.; 21x28 cm. Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Perancangan dan pengembangan produk sarana belajar menjadi suatu bagian dari
    pengembangan desain dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan bagi taman
    kanak-kanak. Tanah airku merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada
    kurikulum pembelajaran taman kanak-kanak yang mengajarkan tentang Indonesia dan
    budayanya. Untuk media pembelajaran mata pelajaran tanah airku belum menggunakan
    media pembelajaran melalui permainan edukatif yang disukai oleh anak-anak. Dengan
    adanya hal tersebut maka seorang desainer berusaha menciptakan suatu produk yang
    lebih baik dengan inovasi yang baru. Seperti merancang sebuah alat yang dapat
    digunakan sebagai sarana yang bertujuan mempelajari ilmu dalam memperkenalkan
    nama daerah dan pakaian adat yang ada di Indonesia. Dalam laporan tugas akhir yang
    berjudul “Sarana belajar pengenalan nama daerah Indonesia untuk anak TK” memberi
    alternatif baru dalam desain mebel khususnya permainan kayu. Dengan metode
    perancangan yang sudah dilakukan antaranya: preliminary design, design development
    dan final design. Sehingga dihasilkan sarana belajar pengenalan nama daerah Indonesia
    untuk anak TK yang merupakan sebuah mainan edukatif bagi anak-anak berupa
    permainan puzzle peta Indonesia, puzzle bentuk pulau, puzzle nama pulau dan bidak
    pakaian adat. Dengan hasil desain ini diharapkan dapat mengedukasi anak-anak tentang
    pengetahuan nama daerah Indonesia dan pakaian adat Indonesia.
    Kata Kunci : Anak-anak, Belajar, Edukatif, Indonesia, Permainan
    ABSTRACT
    The design and development of learning facilities products is a part of design
    development in the world of education, especially education for kindergartens. My
    homeland is one of the subjects in the kindergarten learning curriculum that teaches
    about Indonesia and its culture. For learning media, the subjects of my homeland have
    not used learning media through educational games that are liked by children. With
    this, a designer tries to create a better product with new innovations. Like designing a
    tool that can be used as a tool that aims to learn the science of introducing regional
    names and traditional clothing in Indonesia. In the final project report entitled
    "Learning facilities for Indonesian regional name recognition for kindergarten
    children" provides a new alternative in furniture design, especially wooden games.
    With design methods that have been carried out include: preliminary design, design
    development and final design. So that a learning tool for Indonesian regional name
    recognition for kindergarten children is produced which is an educational toy for
    children in the form of puzzle games on the map of Indonesia, island shapes puzzles,
    island name puzzles and traditional clothing pieces. With the results of this design, it is
    expected to be able to educate children about the knowledge of Indonesian regional
    names and traditional Indonesian clothing.
    Keywords: Children, Learning, Educational, Indonesian, Games