#10669
TA/DP 001 NID s 2019 ISBN:16 616 026
Subjects:Desain Produk Desain Produk
Sarana Belajar Pengenalan Nama Daerah Indonesia Untuk Anak TK --Ed. 1
Ninda Mufidah Zahro / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
xvii; 120 hlm.; 21x28 cm. Bahasa:Ind
ABSTRAK
Perancangan dan pengembangan produk sarana belajar menjadi suatu bagian dari
pengembangan desain dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan bagi taman
kanak-kanak. Tanah airku merupakan salah satu mata pelajaran yang ada pada
kurikulum pembelajaran taman kanak-kanak yang mengajarkan tentang Indonesia dan
budayanya. Untuk media pembelajaran mata pelajaran tanah airku belum menggunakan
media pembelajaran melalui permainan edukatif yang disukai oleh anak-anak. Dengan
adanya hal tersebut maka seorang desainer berusaha menciptakan suatu produk yang
lebih baik dengan inovasi yang baru. Seperti merancang sebuah alat yang dapat
digunakan sebagai sarana yang bertujuan mempelajari ilmu dalam memperkenalkan
nama daerah dan pakaian adat yang ada di Indonesia. Dalam laporan tugas akhir yang
berjudul “Sarana belajar pengenalan nama daerah Indonesia untuk anak TK” memberi
alternatif baru dalam desain mebel khususnya permainan kayu. Dengan metode
perancangan yang sudah dilakukan antaranya: preliminary design, design development
dan final design. Sehingga dihasilkan sarana belajar pengenalan nama daerah Indonesia
untuk anak TK yang merupakan sebuah mainan edukatif bagi anak-anak berupa
permainan puzzle peta Indonesia, puzzle bentuk pulau, puzzle nama pulau dan bidak
pakaian adat. Dengan hasil desain ini diharapkan dapat mengedukasi anak-anak tentang
pengetahuan nama daerah Indonesia dan pakaian adat Indonesia.
Kata Kunci : Anak-anak, Belajar, Edukatif, Indonesia, Permainan
ABSTRACT
The design and development of learning facilities products is a part of design
development in the world of education, especially education for kindergartens. My
homeland is one of the subjects in the kindergarten learning curriculum that teaches
about Indonesia and its culture. For learning media, the subjects of my homeland have
not used learning media through educational games that are liked by children. With
this, a designer tries to create a better product with new innovations. Like designing a
tool that can be used as a tool that aims to learn the science of introducing regional
names and traditional clothing in Indonesia. In the final project report entitled
"Learning facilities for Indonesian regional name recognition for kindergarten
children" provides a new alternative in furniture design, especially wooden games.
With design methods that have been carried out include: preliminary design, design
development and final design. So that a learning tool for Indonesian regional name
recognition for kindergarten children is produced which is an educational toy for
children in the form of puzzle games on the map of Indonesia, island shapes puzzles,
island name puzzles and traditional clothing pieces. With the results of this design, it is
expected to be able to educate children about the knowledge of Indonesian regional
names and traditional Indonesian clothing.
Keywords: Children, Learning, Educational, Indonesian, Games