Skripsi
#10643
SKR/MANAJEMEN PEMASARAN 012 RIN a 2019 ISBN:15 652 026

Subjects:Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran

    Analisis Penentu Revisit Intention pada Pengunjung Kaltim Expo di Samarinda --Ed. 1

    Rina Agustina / / /
    Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
    xxiii; 169 hlm.; 21x28 cm. Bahasa:Ind

    RINGKASAN
    Rina Agustina, Jurusan Administrasi Bisnis, Program Studi S1-Terapan
    Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Samarinda, lahir di Samarinda, 01
    Agustus 1997, mengambil judul skripsi “Analisis Penentu Revisit Intention pada
    Pengunjung Kaltim Expo di Samarinda” dengan pembimbing I Dr. Indah Martati,
    SE., M.M dan pembimbing II Suminto S.Pd., M.Hum., M.Pd, BI.
    Bisnis Event Organizer yang semakin luas menjadi salah satu ditandainya
    semakin banyak masyarakat yang membutuhkan suatu rangkaian acara atau
    hiburan di kotanya. Citra tujuan dan kepuasan pengunjung sangat penting
    karena tujuan pengunjung mengunjungi suatu acara Expo adalah untuk
    melepaskan kepenatan dan meningkatkan kebersamaan dengan teman atau
    kerabat dekat. Ketidakminatan pengunjung untuk berkunjung kembali ke acara
    Expo tersebut dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal dan hal tersebut
    akan mempengaruhi citra tujuan. Adanya informasi melalui media internet akan
    meningkatkan motivasi pengunjung untuk mengunjungi acara Expo tersebut.
    Pemilihan lokasi yang luas dan nyaman akan menarik minat pengunjung untuk
    datang ke acara Expo. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Event
    Image, Motivation dan Electronic Word of Mouth terhadap Destination Image,
    Satisfaction dan Revisit Intention pada pengunjung Kaltim Expo di Samarinda.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa Event Image berpengaruh signifikan
    terhadap Destination Image, Satisfaction dan Revisit Intention, Motivation
    berpengaruh signifikan terhadap Destination Image dan Satisfaction, Motivation
    tidak berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention, Electronic Word of Mouth
    berpengaruh signifikan terhadap Destination Image dan Satisfaction, Electronic
    Word of Mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention,
    Destination Image tidak berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention,
    Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention.
    Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis
    pengaruh dari beberapa variabel yang diambil peneliti. Dari hasil yang diujikan
    maka dapat diperoleh apakah hasil berpengaruh signifikan atau tidak terhadap
    setiap hubungan variabel yang diambil peneliti dalam penelitian ini.
    Kata Kunci : Event Image, Motivation, Electronic Word of Mouth,
    Destination Image, Satisfaction, Revisit Intention
    ABSTRACT
    The study aimed to analyze the determinants of Revisit Intention for visitors
    to the Kaltim Expo on Samarinda. This research uses quantitative approach
    using path analysis were processed with SPSS statistics software version 23 and
    Structural Equation Model (SEM) or AMOS version 22. The sample which were
    taken in this study were 115 respondents were distributed throughout 10 sub
    districts in Samarinda City, they are the visitors of Kaltim Expo. The scale of
    measurement using likert scale with a score of 1-5 in this study also tested the
    validity and reliability test, then test estimation and structural test model fit.
    Based on structural models author found, Event Image have significant
    impact on Destination Image, Event Image have significant impact on
    Satisfaction, Event Image have significant impact on Revisit Intention, Motivation
    have significant impact on Destination Image, Motivation have significant impact
    on Satisfaction, Motivation have not significant impact on Revisit Intention,
    Electronic Word of Mouth have significant impact on Destination Image,
    Electronic Word of Mouth have significant impact on Satisfaction, Electronic Word
    of Mouth have not significant impact on Revisit Intention, Destination Image have
    not significant impact on Revisit Intention, and Satisfaction have significant
    impact on Revisit Intention.
    Keyword: Event Image, Motivation, Electronic Word of Mouth, Destination
    Image, Satisfaction, Revisit Intention