#10643
SKR/MANAJEMEN PEMASARAN 012 RIN a 2019 ISBN:15 652 026
Subjects:Manajemen Pemasaran Manajemen Pemasaran
Analisis Penentu Revisit Intention pada Pengunjung Kaltim Expo di Samarinda --Ed. 1
Rina Agustina / / /Politeknik Negeri Samarinda Samarinda 2019
xxiii; 169 hlm.; 21x28 cm. Bahasa:Ind
RINGKASAN
Rina Agustina, Jurusan Administrasi Bisnis, Program Studi S1-Terapan
Manajemen Pemasaran Politeknik Negeri Samarinda, lahir di Samarinda, 01
Agustus 1997, mengambil judul skripsi “Analisis Penentu Revisit Intention pada
Pengunjung Kaltim Expo di Samarinda” dengan pembimbing I Dr. Indah Martati,
SE., M.M dan pembimbing II Suminto S.Pd., M.Hum., M.Pd, BI.
Bisnis Event Organizer yang semakin luas menjadi salah satu ditandainya
semakin banyak masyarakat yang membutuhkan suatu rangkaian acara atau
hiburan di kotanya. Citra tujuan dan kepuasan pengunjung sangat penting
karena tujuan pengunjung mengunjungi suatu acara Expo adalah untuk
melepaskan kepenatan dan meningkatkan kebersamaan dengan teman atau
kerabat dekat. Ketidakminatan pengunjung untuk berkunjung kembali ke acara
Expo tersebut dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal dan hal tersebut
akan mempengaruhi citra tujuan. Adanya informasi melalui media internet akan
meningkatkan motivasi pengunjung untuk mengunjungi acara Expo tersebut.
Pemilihan lokasi yang luas dan nyaman akan menarik minat pengunjung untuk
datang ke acara Expo. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Event
Image, Motivation dan Electronic Word of Mouth terhadap Destination Image,
Satisfaction dan Revisit Intention pada pengunjung Kaltim Expo di Samarinda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Event Image berpengaruh signifikan
terhadap Destination Image, Satisfaction dan Revisit Intention, Motivation
berpengaruh signifikan terhadap Destination Image dan Satisfaction, Motivation
tidak berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention, Electronic Word of Mouth
berpengaruh signifikan terhadap Destination Image dan Satisfaction, Electronic
Word of Mouth tidak berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention,
Destination Image tidak berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention,
Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap Revisit Intention.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis
pengaruh dari beberapa variabel yang diambil peneliti. Dari hasil yang diujikan
maka dapat diperoleh apakah hasil berpengaruh signifikan atau tidak terhadap
setiap hubungan variabel yang diambil peneliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Event Image, Motivation, Electronic Word of Mouth,
Destination Image, Satisfaction, Revisit Intention
ABSTRACT
The study aimed to analyze the determinants of Revisit Intention for visitors
to the Kaltim Expo on Samarinda. This research uses quantitative approach
using path analysis were processed with SPSS statistics software version 23 and
Structural Equation Model (SEM) or AMOS version 22. The sample which were
taken in this study were 115 respondents were distributed throughout 10 sub
districts in Samarinda City, they are the visitors of Kaltim Expo. The scale of
measurement using likert scale with a score of 1-5 in this study also tested the
validity and reliability test, then test estimation and structural test model fit.
Based on structural models author found, Event Image have significant
impact on Destination Image, Event Image have significant impact on
Satisfaction, Event Image have significant impact on Revisit Intention, Motivation
have significant impact on Destination Image, Motivation have significant impact
on Satisfaction, Motivation have not significant impact on Revisit Intention,
Electronic Word of Mouth have significant impact on Destination Image,
Electronic Word of Mouth have significant impact on Satisfaction, Electronic Word
of Mouth have not significant impact on Revisit Intention, Destination Image have
not significant impact on Revisit Intention, and Satisfaction have significant
impact on Revisit Intention.
Keyword: Event Image, Motivation, Electronic Word of Mouth, Destination
Image, Satisfaction, Revisit Intention