Final_Project
#10158
TA/TM 035 FIR p 2018 ISBN: 15 611 044

Subjects:Perawatan Dan Perbaikan Mesin

    Pengaruh Variasi Celah Valve Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Engine Common Rail --

    Firmansyah / / /
    POLNES Samarinda 2018
    xiv;56 hlm.;15x22 cm.;ilus.;CD Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Firmansyah 15 611 044 Tugas Akhir 2018, “Pengaruh Variasi Celah Valve Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Engine Common Rail” dibawah bimbingan bapak Simon Petrus, S.T., M.T. dan bapak Ir. Rohadi, M.T.
    Penelitian ini mengkaji sejauh mana pengaruh variasi celah valve terhadap konsumsi bahan bakar biodiesel dan dexlite. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan variasi celah valve IN : 0.05 mm EX : 0.10 mm, IN :0.10 mm EX : 0.15 mm, IN : 0.15 mm EX : 0.20 mm, IN : 0.20 mm EX : 0.25, IN : 0.25 Ex : 0.30 mm pada putaran 1000 rpm, 2000 rpm, 3000 rpm. Pada putaran 1000 rpm, dari kedua konsumsi bahan bakar yang paling irit adalah bahan bakar dexlite pada variasi celah valve IN : 0.15 EX : 0.20 (celah standart), maka dari itu semakin besar putaran engine (rpm) kebutuhan bahan bakar semakin bertambah signifikan. Demikian pula pada putaran 2000 rpm dan pada putaran 3000 rpm mempunyai trend yang serupa dengan putaran 1000 rpm, tetapi konsumsi bahan bakar bertambah lebih tinggi atau lebih cepat dalam konsumsinya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dengan rpm yang tinggi akan meningkatkan pemakaian konsumsi bahan bakar.
    Kata kunci : Common Rail, valve clearence / celah katup, Rpm, Bahan bakar