#10157
TA/TM 034 ALF a 2018 ISBN: 15 611 056
Subjects:Perawatan Dan Perbaikan Mesin
ANALISIS EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR MODIFIKASI BERTEKNOLOGI EFI DENGAN BAHAN BAKAR PREMIUM --
ALFIAN NOVRIYANTO / / /POLNES Samarinda 2018
xv;44 hlm.;15x22 cm.;ilus.;CD Bahasa:Ind
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mendorong manusia untuk menciptakan teknologi yang semakin maju. Diantara teknologi tersebut adalah pengembangan mesin kendaraan dengan sistem bahan bakar injeksi (EFI) yang secara perlahan-lahan menggeser teknologi sisem bahan bakar konvensional (karburator). Penggunaan bahan bakar premium pada sepeda motor sistem karburator menghasilkan gas buang yang berbahaya yaitu karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) yang dihasilkan dari proses pembakaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dilakukan penelitian terhadap sepeda motor modifikasi berteknologi EFI 4 langkah 100cc dengan menggunakan bahan bakar premium pada putaran mesin 1000, 1500, dan 2500 rpm. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengurangi emisi gas buang dengan cara mengetahui seberapa besar perbandingan emisi gas buang CO dan HC pada sepeda motor modifikasi berteknologi EFI dan sistem karburator dengan bahan bakar premium. Data yang diambil dari pengujian ini berupa kadar emisi yang terkandung pada emisi gas buang yang dihasilkan dalam CO dan HC. Selanjutnya dilakukan perbandingan dari hasil data uji emisi gas buang yang diperoleh dari pengujian pada sepeda motor modifikasi berteknologi EFI dan sistem karburator. Hasil pengujian menunjukkan emisi gas buang yang lebih baik pada sepeda motor modifikasi berteknologi EFI, yaitu kandungan CO (1,87%) dan HC (96 ppm). Sesuai peraturan pemerintah untuk kadar CO (5,5%) dan HC (2400 ppm) pada posisi idle, maka modifikasi sistem EFI pada Honda Supra Fit telah berhasil mengurangi emisi gas buang dibandingkan pada sistem karburator dan menjadi lebih ramah lingkungan.
Kata kunci: sepeda motor modifikasi, sistem EFI, emisi gas buang, premium