Final_Project
#10149
TA/TM 026 ANT a 2018 ISBN: 15611047

Subjects:Prawatan Dan Perbaikan Mesin

    ANALISA PENGARUH TANJAKAN JALAN TERHADAP RPM, KECEPATAN DAN PERPINDAHAN GEAR PADA MOBIL FORD RANGER 3000cc --

    Antonius Endi / / /
    POLNES Samarinda 2018
    v;75 hlm.;15x22 cm.;ilus.;CD Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Antonius Endi, 2018, ’’Analisa Pengaruh Tanjakan Jalan Terhadap RPM,
    Kecepatan dan Perpindahan Gear Pada Mobil FORD RANGER 3000cc”, Program
    Studi D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Samarinda.Latar belakang penulisan laporan ini untuk mengetahui pengaruh Perputaran RPM, Kecepatan dan Perpindahan Gear pada kendaraan sangat mempengaruhi dalam
    melalui suatu tanjakan dan kemiringan tanjakan tersebut yang untuk melalui suatu tanjakan. Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penyusunan laporan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Tanjakan Jalan Terhadap RPM, Kecepatan dan
    Perpindahan Gear Pada Mobil FORD RANGER 3000cc. dan mengetahui kinerja
    transmisi manual pada saat menanjak pada putaran Rpm tertentu. Maka dapat disimpulkan bahwa pada percobaan pertama pada tanjakan jalan dengan ketinggian 30 M diperlukan kecepatan awalan 60 Km/ jam dengan kemiringan tanjakan 24,830. Puncak dapat di capai dengan Gear 2 dengan kecepatan 38 Km/jam dan RPM 1600. Pada percobaan kedua dapat disimpulkan bahwa pada tanjakan jalan dengan ketinggian 36 M diperlukan kecepatan awalan 60 Km/jam dengan kemiringan 30,660. Puncak dapat di capai dengan Gear 3 dengan kecepatan 38 Km/jam dan RPM 2000. Pada percobaan ketiga dapat disimpulkan bahwa pada tanjakan jalan dengan ketinggian 23 M diperlukan kecepatan awalan 60 Km/
    jam dengan kemiringan tanjakan 27,380. Puncak dapat di capai dengan Gear 2 dengan
    kecepatan 31 Km/jam dan RPM 1100.
    Kata kunci : RPM, Transmisi, Kemiringan dan Ketinggian, Ford Ranger.