Final_Project
#10141
TA/TM 018 MOC p 2018 ISBN: 15 611 043

Subjects:Prawatan Dan Perbaikan Mesin

    PERBANDINGAN PENGGUNAAN CONVENTIONAL FAN DENGAN VISCO FAN TERHADAP EFEKTIFITAS PENURUNAN TEMPERATUR SISTEM PENDINGIN PADA ENGINE --

    MOCHAMMAD DWI PRASETYO / / /
    POLNES Samarinda 2018
    i;37 hlm.;15x22 cm.;ilus.;CD Bahasa:Ind

    ABSTRAK
    Mochammad Dwi Prasetyo 15 611 043 Tugas Akhir 2018 “Perbandingan
    penggunaan Conventional Fan dengan Visco Fan terhadap efektifitas penurunan
    temperatur sistem pendingin pada Engine”. Latar belakang pembuatan tugas akhir ini
    adalah Sistem pendinginan pada mobil berfungsi untuk menurunkan temperatur pada
    mesin yang terjadi dari proses pembakaran. Proses pembakaran selanjutnya akan
    menghasilkan tenaga mekanis yang kemudian akan menggerakkan mesin. Akibat lain
    dari proses pembakaran adalah adanya panas yang apabila tidak di dinginkan akan
    merusak komponen dari mesin itu sendiri.Metode yang digunakan dalam pembuatan
    tugas akhir ini adalah membandingkan penggunaan antara conventional fan dengan
    visco fan terhadap efektifitas penurunan temperature sistem pendingin engine. Hasil
    yang dicapai dari pengujian perbandingan penggunaan conventional fan dengan visco
    fan adalah bahwa visco fan lebih baik dalam pendinginan daripada conventional fan,
    karena nilai rata-rata temperatur engine visco fan 83.5o C sedangkan conventional fan
    83.7o C.
    Kata kunci : Sistem pendingin, temperature, Conventional Fan, Visco Fan