
#10141
TA/TM 018 MOC p 2018 ISBN: 15 611 043
Subjects:Prawatan Dan Perbaikan Mesin
PERBANDINGAN PENGGUNAAN CONVENTIONAL FAN DENGAN VISCO FAN TERHADAP EFEKTIFITAS PENURUNAN TEMPERATUR SISTEM PENDINGIN PADA ENGINE --
MOCHAMMAD DWI PRASETYO / / /POLNES Samarinda 2018
i;37 hlm.;15x22 cm.;ilus.;CD Bahasa:Ind
ABSTRAK
Mochammad Dwi Prasetyo 15 611 043 Tugas Akhir 2018 “Perbandingan
penggunaan Conventional Fan dengan Visco Fan terhadap efektifitas penurunan
temperatur sistem pendingin pada Engine”. Latar belakang pembuatan tugas akhir ini
adalah Sistem pendinginan pada mobil berfungsi untuk menurunkan temperatur pada
mesin yang terjadi dari proses pembakaran. Proses pembakaran selanjutnya akan
menghasilkan tenaga mekanis yang kemudian akan menggerakkan mesin. Akibat lain
dari proses pembakaran adalah adanya panas yang apabila tidak di dinginkan akan
merusak komponen dari mesin itu sendiri.Metode yang digunakan dalam pembuatan
tugas akhir ini adalah membandingkan penggunaan antara conventional fan dengan
visco fan terhadap efektifitas penurunan temperature sistem pendingin engine. Hasil
yang dicapai dari pengujian perbandingan penggunaan conventional fan dengan visco
fan adalah bahwa visco fan lebih baik dalam pendinginan daripada conventional fan,
karena nilai rata-rata temperatur engine visco fan 83.5o C sedangkan conventional fan
83.7o C.
Kata kunci : Sistem pendingin, temperature, Conventional Fan, Visco Fan