
#10129
TA/TM 006 HAM t 2018 ISBN: 15611051
Subjects:Prawatan Dan Perbaikan Mesin
TROUBLESHOOTING DAN PENGARUH PUTARAN ENGINE TERHADAP TEKANAN FLUIDA POWER STEERING PADA MOBIL FORD RANGER 3.0 --
Hamdi Rais / / /POLNES Samarinda 2018
vi;50 hlm.;15x22 cm.;ilus.;CD Bahasa:Ind
ABSTRAK
Hamdi rais 15611051, Laporan Tugas Akhir 2018, Teknik Mesin. Politeknik
Negeri Samarinda “Troubleshooting dan Pengaruh Putaran Engine Terhadap
Tekanan Fluida Power Steering Pada Mobil Ford Ranger 3.0”.
Alat transportasi merupakan kebutuhan yang penting untuk memudahkan manusia
dalam melaksanakan kegiatan sehari hari, baik transportasi darat, laut maupun
udara. Aktivitas keseharian manusia dalam melakukan kegiatan banyak
menggunakan kendaraan darat contoh nya mobil, motor dan lain - lain. Mobil Ford
Ranger 3.0 dalam hal ini mempunyai sistem kemudi yang menggunakan power
steering yakni yang membutuhkan tenaga untuk melakukan kinerjanya. Sumber
tenaga yang digunakan pada sistem power steering ini adalah fluida yang di beri
tekanan oleh pompa yang digerakkan oleh putaran engine melalui perantara gear.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan cara
menganalisa troubleshooting dan pengaruh putaran engine terhadap tekanan fluida
sehingga dapat diketahui fluida dengan sistem hidraulik yang di beri tekanan oleh
pompa yang digerakkan oleh putaran engine.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui seberapa besar pengaruh putaran engine
terhadap sistem kemudi power steering. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui
besar tekanan fluida yang dihasilkan putaran engine. Penulis menggunakan alat
pressure gauge untuk mengukur tekanan fluida yang di hasilkan, penelitian ini
dilakukan sebnyak tiga kali pada masing-masing putaran engine 1000, 2000 dan
3000 RPM. Setelah dilakukan penelitian, pada putaran 1000 sampai 3000 tekanan
fluida yang di hasilkan naik pada setiap RPM nya.
Kata kunci : Fluida, Pump, Power steering